loader image

PDAM Adopsi Sistem Intake Prancis

PARINGIN-PDAM Kabupaten Balangan hingga saat ini setidaknya sudah mencatatkan melayani distribusi air bersih kepada 86.850 penduduk, dari 133.274 total jumlah penduduk.

Kalau dibagi per kecamatan, Paringin sebanyak 36.404 penduduk, Lampihong 11.259, Paringin Selatan 11.259, Juai 8.510, Halong 8.247, Batumandi 5.691, Awayan 4.899, dan terendah di Tebing Tinggi sebanyak 1.783 penduduk yang sudah terlayani air bersih dari PDAM Balangan.

Diungkapkan oleh Plt. Direktur Utama PDAM Kabupaten Balangan, Murjani melalui Staf Humas PDAM Balangan, Aries Haryadi, seiring dengan terus meluasnya cakupan pelayanan yang pihaknya berikan, fasilitas pun terus dibenahi.

Dikatakannya, tahun lalu telah dilakukan penambahan jaringan di wilayah kecamatan Juai, tepatnya di Desa Sumber Rejeki, sedangkan di tahun ini akan tetap diadakan penambahan jaringan lagi.

“Penambahan jaringan ini setiap tahunnya pasti ada, namun masih belum dapat dipastikan saat ini, karena masih perlu kajian dalam pemilihan-pemilihan tempat yang bakal dipasangi jaringan pipa PDAM Balangan,” terangnya.

Selain penambahan jaringan, pihaknya juga melakukan penggantian mekanisme penyaluran air bersih, yang awalnya menggunakan ponton menjadi sistem sumur atau pembuatan sumuran intake.

“Konsep intakenya mengadopsi dari Perancis, sistem ini dapat mengurangi risiko kerusakan mesin serta lebih efektif untuk mendapatkan air, dan mengurangi penghentian distribusi air,” katanya.

Selanjutnya, mekanisme sumuran intake yang akan diterapkan akan mampu menangani kendala tidak mengalirnya air saat bencana banjir. Sehingga tidak ada lagi insiden ponton yang terbalik akibat derasnya aliran air sungai.{{mc/mb03]}

Baca juga :  PUPR Tala Bangun Tiga Kantor Kecamatan