loader image

Vaksinasi Lansia Dilakukan Door to Door

D:\Data\Januari 2022\1401\5\hal 5\Lurah Kuripan Yoyok Hardianto standby menunggu lansia yang siap divaksin.jpg
LURAH Kuripan Yoyok Hardianto standby menunggu lansia yang siap divaksin.

BANJARMASIN – Menerapkan vaksin door to door, kelurahan ini mengajak para lansia untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan vaksin lansia Covid-19.

Sebelum mendatangi door to door, seminggu sebelumnya para RT diimbau untuk mengumpulkan data lansia yang sudah vaksin dan belum vaksin.

“Setelah lengkap, RT mana yang siap untuk didatangi oleh tim dari kelurahan dan puskesmas di kebun bunga,” ujar Lurah Kebun Bunga M Zulfikar Faisal SSTP MA didampingi Sekretaris Lurah

Yulianti SAP, Kamis (13/1).

Pada hari pertama, memang sedikit lansia yang siap divaksin, lantaran mereka memiliki riwayat kesehatan yang berisiko jika disuntik vaksin.

“Ada yang sangat ingin divaksin, tetapi setelah dicek ada penyakit darah tinggi, jantung dan diabetes, sehingga beberapa lansia juga ditunda vaksinasinya,” jelasnya.

Pada hari kedua, ada 13 lansia dan hari ketiga 4 lansia berhasil divaksin. “Memang sedikit lansia yang dapat diajak vaksin karena sebagai besar lansia di sini sudah selesai vaksin yang digelar oleh Lanal setiap dua Minggu sekali,” tuturnya.

Sementara, vaksinasi di Kelurahan Kuripan juga tinggal memilih warga tertentu yang sebelumnya tertunda vksin. “Rata-rata sudah vaksin ketika kecamatan banjar timur dan presisi polda kemarin, sehingga vaksin kali ini tinggal memilah saja lagi mana yang belum,” jelas Lurah Kuripan Yoyok Hardianto.

Selama empat hari, kegiatan vaksin dipusatkan di mushola Darul Iqomah Gang Baru dan berhasil mengumpulkan sekitar 30 lansia. Namun, mengingat masih ada lansia yang tak bisa datang vaksin maka pihaknya akan melakukan vaksin door to door pada Jumat ini.

Baca juga :  Seleksi Calon Bintara dan Tamtama TNI AL Transparan

“Sama dengan vaksin di puskesmas dan mushola tersebut, sebelum divaksin dipastikan kesehatan lansia. Jika tak beresiko maka dapat diberikan vaksinasi,” jelasnya. via