loader image

Satpol PP Tertibkan Jalan Raya Tabalong

TANJUNG – Satpol PP Kabupaten Tabalong mengamankan pedagang asongan, pengemis, badut jalanan, pembersih kaca mobil, dan pengamen yang biasa beroperasi di lampu merah di kabupaten setempat. Mereka dinilai telah mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat khususnya di saat lampu merah menyala.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Tabalong Abdul Halim mengatakan, penertiban ini mengacu pada Perda No 8 Tahun 2018 Kabupaten Tabalong tentang Penyelenggaraaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

“Delapan orang yang diamankan terdiri atas lima anak-anak dan tiga orang dewasa,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (12/1).

Ia mengungkapkan, anak-anak yang terjaring ini, berasal dari Tabalong, sedangkan tiga rang dewasa berasal dari luar Tabalong.

Anak-anak yang terjaring ini, akan diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong (DP3AP2KB), dan juga akan dipanggil orangtuanya.

Sedangkan mereka yang terjaring penertiban dari luar Tabalong, akan dikoordinasikam dengan dinas sosial dam selanjutnya dipulangkan ke daerah asalnya.

Halim menegaskan, penertiban masalah sosial ini akan rutin dilaksanakan, mengingat menjamurnya pelaku masalah sosial tersebut di jalan raya Tabalong.

“Waktu kita tidak terjadwal, namun sifatnya tentatif. Jadi bagi siapa yang bandel akan kami angkut, karena Perda Nomor 8 Tahun 2018 ini sudah disosialisasikan kepada mereka,” pungkasnya. rls

Baca juga :  Polisi Amankan Koorlap