loader image

Mur Kembali Dipasang dan Dilas, PUPR Akan Pasang CCTV di Jembatan Bromo

D:\Data\Januari 2022\1401\5\hal 5\Mur jembatan bromo sudah kembali dipasang kembali.jpg
SEORANG warga memperhatikan mur Jembatan Antasan Bromo, yang kini sudah dipasang kembali dengan yang baru, setelah sempat dicuri orang.

BANJARMASIN – Setelah sempat viral di media sosial, ratusan mur baut yang sempat hilang di bentang jembatan Antasan Bromo akhirnya kembali dipasang. Berdasarkan informasi, ratusan mur itu dipasang pada Rabu (12/1) lalu.

Dari pantauan di lapangan, Kamis (13/1), mur yang terpasang di bentang Jembatan Antasan Bromo itu, kini dikunci secara permanen dengan cara dilas.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Rini Subantari membenarkan, bahwa pemasangan mur yang sempat hilang sudah dilakukan oleh pihak pelaksana proyek Jembatan Bromo.

Menurutnya, pemasangan mur-mur yang hilang dicuri orang tersebut, lebih cepat dari perkiraan awal yakni pada Senin (17/1).

“Yang penting sekarang sudah dipasang, dan aman untuk warga melintas. Mungkin saat dicari barangnya lengkap, langsung dikirim. Makanya lebih cepat,” ucapnya, saat dihubungi awak media, kemarin siang.

Rini juga meminta kerja sama dengan Lurah Mantuil untuk melakukan pengamanan dan pemantauan terhadap jembatan tersebut, melalui kelompok masyarakat setempat.

Untuk langkah keamanan, selain diperkuat dengan las, pihak PUPR akan memasang CCTV di beberapa titik Jembatan Bromo. Melalui CCTV tersebut, dapat dijadikan alat bukti apabila terjadi aksi kejahatan, misalnya pencurian mur.

Ia menegaskan, PUPR juga tidak main-main akan mempolisikan bagi yang berbuat merugikan terhadap aset daerah tersebut.

Terkait pelaporan dugaan pencurian, yang disampaikan pihak PUPR ke kepolisian, Rini memastikan akan tetap berlanjut.

Baca juga :  Rapat Kerja Penanganan Banjir

“Sejauh ini, memang belum ada laporan dari pihak kepolisian, sampai mana prosesnya,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, Plt Kadis PUPR Banjarmasin Rini Subantari atas nama Pemko Banjarmasin, resmi melaporkan peristiwa hilangnya mur Jembatan Antasan Bromo yang berlokasi di Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan ke jalur hukum.

Mur M19 dengan material high tension steel yang hilang, terdiri atas 100 buah mur drat kiri dan kanan, dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp 3.860.000. dwi