loader image

Disdukpencapil Kenalkan Si Lamis

Gento Hariyadi

BATULICIN-Untuk mempermudah layanan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu, mengenalkan inovasi baru yakni Sistem Informasi Layanan Otomatis (Si Lamis).

Si Lamis merupakan program yang menyajikan layanan, melalui media sosial berupa WhatsApp (WA) agar mempermudah siapapun dalam mengakses informasi.

“Program ini bekerja secara otomatis untuk membalas pesan dari masyarakat,” terang Plt. Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi.

Dijelaskan Gento, cukup dengan mengirimkan pesan bertuliskan “Info” maka akan tertera beberapa pilihan pelayanan yang berupa rincian persyaratan dalam melakukan kepengurusan.

Selanjutnya, masyarakat akan diberikan pilihan tentang dokumen kepengurusan yang akan dituju, maka cukup dengan mengirimkan angka sesuai dengan angka pilihan yang tertera.

Adapun pilihan pelayanan yang memiliki persyaratan lengkap yakni Dokumen pendaftaran penduduk, Dokumen pencatatan sipil, dan Legalisir dokumen Program KAMU JODOHKU (lengkapi Berkas mu, Tujuh Dokumen Ku Terbitkan).

Program ini dibuat untuk mengurangi pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat yang pada umumnya menanyakan tentang persyaratan pelayanan, dimana dengan adanya program Si Lamis akan dapat mempermudah masyarakat, imbuhnya.

Hingga saat ini sosialisasi yang dilakukan melalui media sosial seperti whatsapp, facebook dan lain-lain, serta melalui media Radio Swara Bersujud.{[alf/mb03]}

Baca juga :  Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19