loader image

Angkutan Pelajar Kembali Dioperasikan

D:\Data\Januari 2022\1401\2\2\New Folder\Layanan Angkutan Pelajar Kembali Dioperasikan.jpg
Tumbur P Manalu

TANJUNG – Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong kembali mengoperasikan layanan angkutan bagi pelajar, setelah diberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Dishub Tabalong Tumbur P Manalu mengatakan, operasional angkutan tersebut untuk memfasilitasi layanan khususnya bagi pelajar ke sekolah. Walaupun selama pelaksanaan PTM, masih belum terlihat signifikan pengguna layanan tersebut.

“Karena ada beberapa alasan, yang pertama berdasarkan laporan dari petugas kami dan juga berdasarkan pantauan, masih banyak para pelajar yang menggunakan kendaraan roda dua dan diantar jemput keluarganya,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (13/1).

Menurutnya, dengan pelaksanaan PTM ini, pihaknya akan terus melakukan imbauan dan sosialisasi kepada para pelajar, agar dapat menggunakan layanan angkutan kota yang telah disiapkan.

“Kami akan melakukan sosialisasi ke sekolah dan berkoordinasi dengan dinas pendidikan, untuk memberikan arahan kepada para pelajar menggunakan layanan angkutan yang sudah kami siapkan,” ujarnya.

Adapun jam operasional dalam situasi pandemi Covid-19, pihaknya masih memberlakukan satu shift, yakni para driver atau petugas berangkat pukul 06.00 Wita hingga berakhir sampai pukul 13.00 Wita.

“Maksimalnya pada pukul 14.00 Wita. Namun berdasarkan hasil pantauan, masih banyak juga beberapa unit kembalinya pada pukul 15.00 Wita atau pukul 16.00 Wita. Mungkin karena ada beberapa sekolah yang masih belum selesai melakukan pembelajaran,” kata Tumbur.

Ia menambahkan, petugas dari bidang lalu lintas menyupport dengan memperlancar arus lalu lintas di beberapa titik padat, seperti kawasan SDN Mabuun, SDN Sulingan, SMKN 1 Tanjung, dan SMAN 2 Tanjung.

Baca juga :  Oktober Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan

“Itu sudah kami berlakukan beberapa hari ini. Jadi petugas lalu lintas di jam-jam para pelajar masuk ke sekolah antara pukul 07.00 Wita hingga 08.00 Wita. Kami dari dinas perhubungan, menempatkan petugas lalu lintas untuk memperlancar arus di sekolah tersebut,” tambahnya. rls