loader image

5 Kebiasaan yang Bikin Bau Badan

D:\Data\Januari 2022\1401\11\Halaman 1-11 Jumat\5 kebiasaan.jpg

Bau badan menjadi hal yang sangat mengganggu. Bukan hanya orang lain, Anda juga bisa terganggu oleh bau badan sendiri. Berikut kebiasaan yang bikin bau badan.

Bau badan umumnya muncul saat tubuh mengeluarkan keringat akibat bakteri yang menempel di permukaan kulit.

Saat tubuh berkeringat, bakteri memecah protein dalam keringat yang menghasilkan asam dan bau. Bau itu-lah yang kerap mengganggu penciuman banyak orang.

Beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan sehari-hari juga bisa memicu bau badan. Berikut lima kebiasaan yang bikin bau badan.

1. Jarang mencukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak memang bukan sebuah kewajiban. Meski demikian, jika bulu ketiak tidak dicukur bisa memicu bau badan. Hal ini terjadi karena keringat terjebak di bulu-bulu tersebut yang membuat bakteri tinggal dan berkembang biak di dalamnya.

2. Jarang ganti bra

Bra yang jarang dicuci bisa menyebabkan bau tidak sedap. Sebagaimana dilansir Romper, keringat punggung dan ketiak yang menempel di bra bisa menyebabkan bau tidak sedap.

3. Sering konsumsi makanan pedas

Konsumsi makanan pedas bisa menghasilkan gas yang mengandung belerang. Gas-gas ini akan keluar melalui pori-pori Anda dan menyebabkan bau tidak sedap selama beberapa waktu.

4. Pakaian terlalu ketat

Hati-hati memilih pakaian, apalagi bagi Anda yang sibuk dan aktif berkegiatan.

Untuk menekan produksi keringat, hindari pakaian yang terlalu ketat. Pilih pakaian longgar yang terbuat dari bahan seperti katun, linen, sutera, atau wol. Bahan-bahan ini memungkinkan kulit untuk bernapas dan membuat keringat lebih cepat menguap.

Baca juga :  5 Makanan yang Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Sebaliknya, hindari pakaian berbahan polyester, nilon, atau rayon. Kain berserat sintetis cenderung memerangkap keringat sehingga memicu bau tak sedap.

5. Stres

Stres menyebabkan produksi keringat lebih banyak. Oleh karena itu bau badan juga bisa muncul saat Anda mengalami stres.

Untuk mengatasi masalah ini, coba kelola stres Anda demi meminimalisir produksi keringat dalam tubuh. cnn-i/ron