loader image

4 Cara Perlambat Kerutan atau Keriput Muncul

D:\Data\Januari 2022\1401\11\Halaman 1-11 Jumat\4 cara.jpg

Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen dan elastin sehingga menimbulkan kerutan. Keriput merupakan bagian alami dari penuaan dan tidak menimbulkan ancaman kesehatan.

Namun jika Anda ingin memperlambat tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti keriput, berikut sejumlah caranya.

Penyebab kerutan atau keriput

Menurut WebMD, seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit membelah lebih lambat, dan lapisan dalam kulit, yang disebut dermis, mulai menipis. Itu mulai merusak kelenturan dan struktur kulit.

Kulit yang menua juga mulai kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Itu juga membuat lebih sedikit minyak dan semuanya berkontribusi pada proses kerutan.

Di samping itu, ada sejumlah hal lain yang menyebabkan kerutan atau keriput.

– Merokok. Ini memperlambat produksi kolagen kulit Anda, yang merupakan bagian penting dari struktur kulit. Penurunan kolagen membuka jalan untuk keriput. Itulah satu lagi alasan untuk berhenti merokok, atau tidak pernah memulai.

– Jenis kulit (orang dengan kulit berwarna terang dan mata biru lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari)

– Keturunan

– Paparan sinar matahari

– Ekspresi wajah berulang

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol semua faktor ini, Anda dapat melakukan sesuatu tentang dua di antaranya: Minimalkan paparan sinar matahari dan jangan merokok.

Selain itu, berikut cara memperlambat timbulnya kerutan atau keriput.

1. Hidrasi kulit

Hannah Kim, Founder of Botanical Republic mengatakan, untuk membantu menghaluskan kerutan secara alami, pastikan untuk selalu menghidrasi kulit.

Baca juga :  5 Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Mata

“Gunakan facial oil, serum, lotion, atau krim yang mengandung argan, evening primrose, jojoba, atau minyak alpukat pagi dan malam,” katanya, seperti dikutip Eat This, Not That!.

“Kulit Anda akan terasa lembut dan kenyal keesokan harinya. Kerutan terbentuk karena kurangnya kelembapan dan elastisitas di kulit kita. Dengan menghidrasi kulit dengan benar dapat membantu menghaluskan kerutan,” tambahnya.

2. Gunakan masker mata

Victoria Stiles, Creative Director di ShikSona Beauty mengatakan, penggunaan masker atau patches mata membantu menghaluskan garis-garis halus dan kerutan di bawah dan di sekitar area mata.

Upayakan masker atau patches mata tersebut mengandung kolagen untuk melawan garis-garis halus dan kerutan di samping menjaga elastisitas kulit, Vitamin E untuk menambah kelembapan, dan teh hijau untuk mencegah kerutan.

3. Skincare dengan kandungan kolagen dan retinol

Olive Kim, CEO The Crème Shop menyatakan, “Biarkan perawatan kulit Anda bekerja untuk Anda! Saya terobsesi dengan krim kaya Kolagen & Retinol yang membantu menghaluskan tampilan garis-garis halus saat Anda tidur.”

4. Dermabrasi

WebMD mengatakan, prosedur ini ‘mengampelas’ kulit. Tergantung pada keterampilan dan pengalaman profesional yang melakukannya, dermabrasi dapat membuat perbedaan besar.

Efek samping, termasuk jaringan parut dan perubahan permanen pada warna kulit, juga mungkin terjadi. cnn-i/ron