loader image

Tera Ulang UTTP Timbangan Pedagang Pada Lima Pasar

TERA ULANG-Sidang tera ulang alat ukur, takar, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) di lima pasar Kabupaten Balangan.

PARINGIN-Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Balangan melaksanakan sidang tera ulang alat ukur, takar, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) di lima pasar Kabupaten Balangan.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 24 November 2021 ini menyasar ke beberapa pasar diantaranya Pasar Halong, Pasar Lampihong, Pasar Paringin, Pasar Batumandi dan Pasar Adaro.

Dimana pemilik UTTP bisa mendatangi lokasi tera dengan membawa timbangan yang dimiliki dan akan dilakukan pengecekan. Apabila alat UTTP tersebut sudah rusak maka pelaksana tera akan melakukan perbaikan dan diberikan stempel cap tanda tera pada timbangan pedagang tersebut.

Dikatakan Kabid Standarisasi, Stabilisasi Pengawasan Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perindag Balangan, M. Syaiful Bahri bahwa kegiatan tera ulang ini dilaksanakan bersama fasilitasi tenaga ahli penera dan reparatr dari Balai Standarisasi Metrologi Regional III wilayah Kalimantan Selatan.

Syaiful menjelaskan, dalam tera/tera ulang ini, pihaknya memberikan satu pelayanan untuk menjamin kebenaran pengukuran timbangan yang dimiliki pelaku usaha dalam melakukan transaksi perdagangan.

“Melakukan tera ulang untuk semua timbangan agar kiranya baik konsumen maupun penjual tidak ada yang dirugikan,” ujarnya.

Diketahui pula sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan tera ulang pompa ukur di tiga SPBU di wilayah Kabupaten Balangan serta jembatan timbang yang berlokasi di site Adaro dan perkebunan sawit di Kecamatan Juai.

Baca juga :  Dinkes Tapin Gelar Orientasi Strategi Komunikasi Perubahan Prilaku

Terakhir Syaiful berharap, dengan nanti dimilikinya CPNS penera di Balangan yang telah lulus diklat dapat melaksanakan tera/tera ulang secara mandiri dan menjangkau lebih banyak lagi pemilik UTTP.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Adaro Paringin, Ansar mengungkapkan kegiatan ini sangat baik utamanya bagi para pedagang dalam melakukan timbangan pada transaksi perdagangan.

“Manfaatnya sangat baik khususnya buat saya pribadi, karena ketika menimbang hendaknya tidak terjadi kekurangan atau lebih,” ungkapnya. (mc/mb03}