loader image

Terima Kasih Atas Sinergi Atasi Covid, Paman Birin Hadiri Puncak HKN di IAI Darussalam

D:\Data\November 2021\2511\5\hal 5\Gubernur H Sahbirin Noor.JPG
GUBERNUR H Sahbirin Noor bersama Bupati Banjar H Saidi Mansur dan KH Wildan Salman, saat menyaksikan vaksinasi terhadap lansia di Kabupaten Banjar.

MARTAPURA – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada para alim ulama, tenaga kesehatan, TNI/Polri dan segenap komponen atas ikhtiar bersama dalam meredam kasus covid-19.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan vaksinasi sekaligus puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Martapura, Selasa (23/11) siang.

Paman Birin –sapaan akrabnya– menuturkan segenap komponen telah berjuang keras mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19. Alhamdulillah hasilnya mulai menunjukkan perkembangan positif, dimana kasus covid mulai melandai.

“Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57 kepada seluruh tenaga kesehatan, pegiat kesehatan yang tersebar di seluruh daerah di Provinsi Kalimantan Selatan dan terima kasih atas sinergi bersama mencegah dan mengatasi Covid-19,” ucapnya.

Peringatan HKN ke-57 ini, menurut Paman Birin, merupakan momentum untuk mewujudkan Kalsel sehat, demi terwujudnya Indonesia tumbuh dan maju, sesuai dengan tema peringatan HKN yakni “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

Paman Birin berharap agar target sasaran vaksinasi sebanyak 3.161.137 di banua bisa terwujud. Guna mewujudkan hal itu harus terus bergerak mengejar capaian vaksinasi di Kalsel, yang saat ini masih di bawah 50 persen.

“Kita terus bergerak karena capaian vaksinasi di Kalsel masih di bawah 50 persen, itu fakta dan kita akan bergerak terus. Seperti kegiatan vaksinasi hari ini ditarget 5.000 orang.

Baca juga :  Mahasiswa Dilibatkan Awasi Lingkungan

Paman Birin juga menyampaikan agar segera kita kejar lagi agar Kalsel bisa mencapai 70 persen hingga akhir tahun 2021. Namun Alhamdulillah beberapa daerah juga sudah mencapai 60 persen, itu luar biasa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel HM Muslim menyampaikan per 23 November 2021 capaian vaksinasi di Kalsel untuk dosis pertama adalah 46,92 persen, dan 26,15 persen untuk dosis kedua.

Muslim menyebutkan ada tiga daerah yang capaian vaksinasinya sudah di atas 60 persen yakni Kota Banjarmasin dengan vaksinasi dosis pertama 68,28 persen, Kota Banjarbaru dengan 67,64 persen dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) 64,18 persen.

Adapun Vaksinasi Bergerak yang dilaksanakan di IAI Darussalam Martapura selama dua hari ditarget 5.000 orang yakni hari pertama 3.000 orang dan sisanya hari kedua. Adp