loader image

Sekda Tapin Sampaikan Capaian Serapan Anggaran

H Masyraniansyah

RANTAU,- Sekda Tapin H Masyraniansyah SP MMA MP bersama kepala daerah se Indonesia hadiri video conference bersama Kementerian Dalam Negeri terkait penyerapan anggaran daerah tahun 2021, Senin (22/11/2021) bertempat di ruang kerjanya.

Seperti yang diutarakan Sekda Tapin, untuk serapan anggaran dan realisasi belanja, Kalimantan Selatan berada di urutan kedua, dimana Kabupaten Tapin realisasi pendapatan sampai bulan November baru mencapai angka 64,48% dan untuk realisasi belanjanya persentesenya di angka 51,79%.

Sesuai arahan dari Kemendagri, kita akan segera melaksanakan rapat koordinasi untuk guna melakukan evaluasi kepada SOPD yang belanja atau serapan anggarannya masih dibawah 50%.

H Masyraniansyah menambahkan, saat ini kontrak pembangunan fisik masih terus berjalan, sehingga masih mempunyai waktu untuk meningkatkan serapan anggarannya sebelum closing tanggal 15 Desember.

“Karena closing pembayaran tanggal 15 Desember sehingga kita masih ada waktu untuk mengetahui berapa hasil akhir serapan anggaran dan belanja yang dapat kita capai,” paparnya.

Sementara itu Ketua DPRD Tapin H Yamani ditempat terpisah mengatakan, rendahnya serapan anggaran di tahun 2021 dikarenakan adanya program – program yang tertunda yang salah satunya dikarenakan pandemi Covid-19.

Seperti pembayaran pembelian aset tanah kepada masyarakat juga menjadi salah satu program yang tentu dan mempengaruhi belanjar dan penyerapan anggaran, kata H Yamani usai acara rapat paripurna DPRD Tapin.

Rendahnya serapan anggaran dan belanja SOPD tahun anggaran 2021, ini tentunya akan mejadi bahan evaluasi kita untuk menyusun anggaran di tahun 2022 nanti.

Baca juga :  Polda Kalsel Peduli UMKM

“Dengan sisa waktu beberapa minggu kedepan, kita berharap anggaran yang sudah di alokasikan dan tersedia di SOPD masing – masing dapat terealisasi dengan maksimal,” tandasnya.{[her/mb03]}