loader image

PT ITP Dukung Pengembangan SDM Dunia Kerja

PAKAIKAN ROMPI-Sekda kab Kotabaru H Said Akhmad memberikan pakaian rompi kerja Kepada perwakilan peserta magang.

KOTABARU – PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant Tarjun (ITP) menjalin kerjasama bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru. Hal tersebut dilakukan Indocement dalam rangka mendukung peningkatan sumber daya manusia yang handal dan kompten dibidangnya dalam menghadapi dunia kerja.

Melihat hal itu, sebanyak 13 orang jebolan BLK Kotabaru dimagangkan di perusahaan produsen semen Tiga Roda tersebut di area kerja mereka di plant Tarjun, dan hari ini tadi ,Selasa (23/11/2021), telah dibuka program pemagangan yang dilakukan secara virtual dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kotabaru, H Said Ahmad Assegaf dan jajaran management PT ITP Tarjun.

Dalam kesempatannya dikatakan oleh Direktur SDM PT ITP, Antonius Marcos bahwa, program pemagangan yang dijalankan menjadi kali pertama di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan oleh Indocement dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru.

“Kegiatan pemagangan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk dukungan dari perusahaan terhadap program pemerintah dalam hal penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing sebagai salah satu faktor yang penting dalam kegiatan perekonomian nasional, khususnya di Kabupaten Kotabaru,” tuturnya melalui virtual daring.

Dijelaskan olehnya, hal itu merupakan tindak lanjut atas kontrak kerjasama penyelenggaraan pemagangan dalam rangka pembinaan dan pengembangan SDM yang berbasis kompetensi tertentu antara PT ITP dengan pemerintah daerah.

Baca juga :  Bupati Tapin Tinjau Kantor Sekda Baru

“Ini tentu sebagai wujud bentuk tanggungjawab kami untuk membantu meningkatkan kompetensi dalam upaya pengembangan SDM yang terampil. Harapannya, semoga memberikan manfaat dan menjadi kontribusi yang positif dalam peningkatan dan pengembangan kompetensi di program vokasi industri,” jelas Marcos.

Sementara, Sekdakab Kotabaru, H Said Ahmad Assegaf menurutkan, pihaknya sangat mengapresiasi program pemagangan yang diluncurkan oleh PT ITP terhadap 13 orang yang berasal warga masyarakat terdiri dari Alumni SMK Mitra Indocement dan Desa Mitra Alumni Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru.

Menurutnya, program pemagangan tersebut, menjadi salah satu alternatif dan solusi untuk peningkatan keterampilan serta kompetensi dalam meningkatkan SDM para pencari kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Senada denan itu, Plt Kepala Disnakertrans Kotabaru, Khairil Fajri menyampaikan, program pemagangan PT ITP akan berjalan selama enam bulan, dengan pola 25 persen teori dikelas dan 75 persen praktek di workshop sesuai kejuruannya masing-masing. “Materi pemagangan akan disesuaikan dengan kompetensi kerja masing-masing yang diberikan instruktur perusahaan. Sekali lagi terimakasih kepada Indocement yang sudah membantu,” ucapnya. (ebet/mb03)