loader image

Posyantek Tala Diharapkan Bantu Kemajuan Daerah

MEMBUKA – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat membuka rembuk Posyantek se-Kabupaten Tala dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta mengatakan keberadaan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) sangat penting bagi peningkatan produktivitas penurunan biaya produksi suatu barang sehingga warga Tanah Laut (Tala) tidak tergantung dengan barang-barang pabrikan.

Hal itu disampaikannya saat secara resmi membuka acara rembuk Posyantek se-Kabupaten Tala yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Rabu (24/11).

Kegiatan rembuk dengan mengusung tema Sains adalah Teknologi Masa Depan Menuju Tanah Laut Berinovasi, sedikitnya dihadiri oleh 20 Posyantek se-Kabupaten Tala.

Adapun Posyantek yang turut mendemokan hasil olahan mereka yaitu Posyantek Bina Bersama, Desa Kintapura, Kecamatan Kintap, Posyantek Maju Bersama Desa Benua Raya Kecamatan Bati-Bati, Posyantek GARTEK (Gabungan Remaja Teknologi) Desa Kandangan Baru Kecamatan Panyipatan.

Posyantek Karya Bersama, Desa Pandan Sari, Kecamatan Kintap, Posyantek Langgeng Jaya, Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari, Posyantek Maju Jaya Desa Asam Jaya Kecamatan Jorong, Posyantek Jaya Lestari Desa Durian Bungkuk Kecamatan Batu Ampar.

Selain itu, Posyantek Tuntas Jayam Desa Tanjung Kecamatan Bajuin, Posyantek Karya Gemilang, Desa Benua Tengah, Kecamatan Takisung dan Posyantek GPMK Mandiri, Desa Asam-Asam, Kecamatan Jorong.

Rembuk Posyantek bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta, dapat tercipta produk unggulan desa agar Kabupaten Tala semakin maju dalam bidang teknologi, mesin dan penggunaan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) sehingga mendorong kesejahteraan masyarakat.

Baca juga :  Sukamta Keluhkan Dana Transfer APBN ke Daerah Lambat

Sukamta turut menyampaikan kegiatan rembuk Posyantek ini juga menjadi ajang tukar informasi dan silaturahmi yang akan mendorong kemajuan Teknologi Tepat Guna di Bumi Tuntung Pandang.

“Saya berharap Posyantek di Tala ini selalu berinovasi, sebab pengembangan teknologi ada dua fungsi utama bisa meningkatkan produktivitas dan penurunan biaya produksi sehingga akan lebih efisien jadi semoga kedepannya kita tidak melulu tergantung dengan barang-barang yang harus didatangkan dari luar daerah,” ujar Sukamta.

Sebelumnya dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Posyantek GPMK Mandiri dengan PT Arutmin Indonesia Site Asam-Asam yang turut disaksikan Bupati Tala, HM Sukamta.

Ketua Posyantek GPMK Mandiri, Jumbriansyah menyampaikan latar belakang penandatanganan kerja sama ini untuk lebih mempererat kerja sama baik mitra dalam program hubungan ke masyarakat serta bisa mengoptimalkan dana CSR perusahaan untuk dialirkan ke masyarakat.

Posyantek yang memiliki produk unggulan Drygot Larva Black Solder Fly untuk pakan ternak ini dinyatakan mampu menjadi alternatif dari harga pakan ternak yang melonjak cukup tinggi. Selain itu, Jumbriansyah juga mengharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat menciptakan sinergitas yang baik dengan pihak perusahaan.

Jumbriansyah menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini Pemkab Tala meningkatkan anggaran-anggaran untuk pemberdayaan masyarakat agar kedepannya pelaku-pelaku TTG bisa optimal dalam berkegiatan,” tutup Jumbriansyah. ris/ani