loader image

Manfaat Kulit Bawang yang Tak Terduga

D:\Data\November 2021\2611\11\Halaman 1-11 Jumat\manfaat kulit.jpg

Ketika memasak, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai pasti dibuang kulitnya. Padahal ada manfaat kulit bawang. Namun dalam beberapa kesempatan dan kegunaan, kulit bawang bisa dipakai untuk berbagai hal. Misalnya untuk memberi warna pada telur rebus agar kecokelatan atau membuat pewarna alami pada kain atau baju.

Kulit bawang sebenarnya tak cuma punya manfaat itu. Ada banyak manfaat kulit bawang yang bisa Anda dapatkan. Sejauh apa manfaat kulitnya?

Mengutip Mind Body Green, kulit bawang, termasuk bawang putih mengandung vitamin A, C, E, dan kaya antioksidan fenilpropaniod anti inflamasi, dan asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin. Penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki Sifat antimikroba yang kuat.

Cara termudah untuk mendapat manfaat kulit bawang adalah dengan membuatnya jadi teh kulit bawang. Selain itu, kulit bawang putih dan bawang bombai juga bisa ditambahkan dalam sayur sup untuk membuatnya jadi lebih enak.

Anda juga bisa menjadikan kulit bawang ini sebagai kaldu sayur yang sehat, mengubahnya jadi bubuk perasa.

Berikut manfaat kulit bawang:

1. Melindungi kulit dari penuaan dini dan keriput

Manfaat kulit bawang juga baik untuk kulit. Dokter kulit Mamina Turegano mengungkapkan bahwa teh kulit bawang akan membantu kulit wajah jadi kenyal dan membuatnya lebih awet muda. Kandungan quercetin dalam kulit bawang akan membantu melawan peradangan dan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, garus halus, dan keriput. Senyawa ini juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca juga :  Begini Proses Permen Karet di Dalam Tubuh Jika Tertelan

2. Kulit lebih bercahaya

Kulit bawang jenis apapun bisa dipakai, namun kulit bawang merah, mengandung antosianin tinggi yang bermanfaat sebagai anti inflamasi dan antimikroba. Kandungan ini bisa bermanfaat untuk membuat kulit lebih bercahaya.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Triptofan dalam teh kulit bawang akan membantu membuat tidur Anda lebih baik. Anda bisa menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lainnya untuk mendapat manfaat kulit bawang lebih baik.cnn-i/ron