loader image

Gubernur Hadiri Rakornas Investasi 2021

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\November\25 Nov 2021\1-11\1.JPG
GUBERNUR H Sahbirin Noor berbincang dengan Presiden Joko Widodo, saat menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) Investasi tahun 2021 di Jakarta, Rabu (24/11).

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC) Sahbirin Noor menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2021 dengan tema; “Hilirisasi dan Kolaborasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan” di Hotel The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Rabu (24/11).

Rakornas investasi 2021 yang digelar Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI itu, dibuka Presiden Joko Widodo dan dihadiri para kepala daerah dan kementerian terkait.

Pada acara tersebut juga digelar pemberian Anugerah Layanan Investasi 2021 kepada Kementerian/Lembaga, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Ditemui usai Rakornas, Paman Birin –sapaan akrab Gubernur Kalsel– membeberkan terkait review pengarahan penting presiden yakni beberapa poin penting yang ditekankan RI 1 pada Rakornas.

Menurut Paman Birin, presiden mengatakan investasi berperan penting sebagai motor penggerak kegiatan perekonomian nasional. Pemerintah secara konsisten terus berupaya menjadikan daerah-daerah sebagai pusat-pusat kegiatan usaha.

Saat ini, pemerintah mendorong hilirisasi seluruh sumber daya alam yang dimiliki, termasuk dengan pengembangan industri baterai kendaraan listrik dan kendaraan listriknya.

Materi lain ditekankan presiden, lanjut Paman Birin, pentingnya upaya inovasi sumberdaya alam terbarukan dengan meninggalkan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan dan mempercepat transformasi menuju ekonomi hijau.

RI 1 juga mengatakan, untuk mewujudkan target realisasi investasi Rp 1.200 triliun pada tahun 2022, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah juga didorong untuk meningkatkan kolaborasi dan kekompakan meningkatkan kinerja.

Setiap investor yang masuk ke daerah juga diwajibkan berkolaborasi dengan pengusaha yang ada di daerah dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Baca juga :  Pemerintah Tak Tanggung Jawab, Terkait Efek Vaksin Nusantara

Sementara, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, tahun 2021 realisasi investasi telah mencapai 63 persen, sedang target investasi 2022 sebesar Rp 1.200 triliun sebagaimana ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Menurut Bahlil, penyelenggaraan Rakornas Kementerian Investasi/BKPM 2021 dalam rangka menerjemahkan arah kebijakan presiden bidang investasi pada tahun 2022. adp