loader image

Dewan dan Komunitas Lingkungan Tanam Pohon Langka

D:\Data\November 2021\2611\2\2\New Folder\Dewan dan Komunitas Lingkungan Tanam Pohon Langka.jpg
ANGGOTA DPRD Kalsel Firman Yusie saat melakukan penanaman jenis pohon langka di Tabalong.

TANJUNG – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021 pada 28 November mendatang, anggota DPRD Kalimantan Selatan Firman Yusi bersama komunitas lingkungan Kabupaten Tabalong melakukan penanaman pohon bersama.

Kegiatan tersebut digelar di Kampung Sulangai, Desa Solan, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, dengan melibatkan Komunitas Relawan Pusaka, Alumni EcoLiteracy Camp, Peserta Youth Broadcasting Class, Gerakan Sedekah Sampah, dan PKS Muda Chapter Tabalong. Total sebanyak 50 pegiat komunitas terlibat dalam aksi ini.

“Pohon-pohon yang kita tanam ini, merupakan jenis pohon yang mulai langka, seperti Ulin, Kamundai, Mahrawin dan Layung,” ujar anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini, Kamis (25/11).

Firman menjelaskan, ada sekitar 500 pohon yang ditanam di lokasi yang berbeda. Salah satunya di Kampung Sulangai sebagai titik utama. Kegiatan ini diinisiasi oleh Perkumpulan Pusaka, yang bergerak di bidang pendidikan, sosial budaya, dan lingkungan hidup.

“Pohon yang kami tanam mayoritas bantuan dari Dinas Kehutanan Kalsel, yang dalam HMPI ini menyelenggarakan menanam pohon bersama Paman Birin, Gubernur Kalsel. Juga ada donasi pohon dari beberapa pegiat lingkungan di Tabalong,” jelasnya.

Pohon dari Dinas Kehutanan Prov Kalsel sendiri, lanjut dia, di antaranya Trembesi, Spatudea, Durian, Sirsak, Mente dan Alpukat.

“Pak Isyayar Sumba yang seorang pelestari tanaman lokal, mendonasikan bibit Ulin. Sementara dari warga Sulangai, kami diberi bibit Layung, Kamundai, Mahrawin dan beberapa bibit khas lokal lainnya,” pungkasnya. rls

Baca juga :  Agus Andrianto Jadi Kabareskrim