loader image

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Kotabaru Siaga

TANAM BIBIT-Sekda Kotabaru H Said Akhmad menanam pohon bibit ulin bersama forkopimda.

KOTABARU – Cuaca kurang baik, Forkopimda Kotabaru gelar Apel kesiap siagaan antisipasi dampak hidrometeorologi. Apel ini dipimpin langsung wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif didampingi Forkopimda peserta apel TNI, Polri , Basarnas dan Damkar . Bertempat di halaman Siring laut Kotabaru, kemarin.

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, mengingatkan instansi yang andil dalam penanggulangan bencana terkait kondisi Kabupaten Kotabaru yang masuk dalam wilayah rawan bencana hidrometeorologi. Mulai dari banjir, angin kencang dan hingga longsor yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Menurutnya apel kesiapsiagaan ini diperlukan untuk meningkatkan kewaspadaan bersama. Hal ini lantaran penanggulangan bencana tidak dapat hanya diatasi oleh satu pihak, namun dibutuhkan sinergitas lintas sektoral, termasuk di dalamnya unsur TNI dan Polri.

“Apel kesiapsiagaan ini jangan sampai hanya menjadi kegiatan seremonial, namun setiap intansi harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapi bencana,” Paparnya.

Selain itu, Wakil Bupati menambahkan selain menghadapi bencana alam yang merupakan dampak perubahan iklim dan cuaca, saat ini Kabupaten Kotabaru juga masih menghadapi bencana non-alam berupa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.” Makanya dibutuhkan kewaspadaan ekstra dan tidak mengabaikan satu di antaranya,” pungkasnya.{[ebet/mb03}}

Baca juga :  Mengembalikan Kejernihan Air Prioritas Revitalisasi Danau Peranginan Ratu