loader image

Pemkab Terapkan Sekolah Ramah Anak

H Rusmadi

TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong terus mendorong sekolah-sekolah di Bumi Sarabakawa, untuk menjadi sekolah ramah anak. Sedikitnya ada 71 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga SMA sederajat, akan menerapkan hal tersebut.

“Hingga akhir tahun 2021 ini, sedikitnya 71 sekolah di Tabalong sudah menerapkan sekolah ramah untuk anak. Jumlah tersebut, terdiri atas enam PAUD dan TK, 19 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, 24 SMP atau Mts sederajat, dan 22 SMA atau MA sederajat,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong H Rusmadi, Minggu (24/11).

Sekolah ramah anak ini, lanjut dia, merupakan satuan pendidikan yang menjujung tinggi hak-hak anak, baik dari segi lingkungan yang nyaman, infrastruktur yang aman, hingga pola pendidikan yang tidak berfokus pada guru saja, namun melibatkan partisipasi dari anak-anak dalam proses pengajaran.

Tujuan program ini, untuk membuat siswa merasa nyaman dan terlindungi selama berada di sekolah. Dalam sistem pengajarannya, siswa sekolah dengan ramah anak ini juga mampu menyuarakan pendapat tanpa ada tekanan hingga kekerasan dari pihak tertentu.

“Dalam sekolah ramah anak ini, sekolah sangat memperhatikan hak-hak untuk anak, termasuk dalam memberikan suara tanpa adanya tekanan dari pihak tertentu,” ujarnya.

Rusmadi berharap, sekolah ramah anak di Tabalong ini dapat terus bertambah. Sehingga, seluruh siswa dapat terpenuhi hak-haknya selama berada di sekolah. Rls

Baca juga :  Sanggahan Peserta Seleksi CASN Dan P3K Diterima, 34 Berkas Dinyatakan Lolos