loader image

Dukcapil Akan Datangi Sejumlah Tempat Lakukan Perekaman

PARINGIN, MB – Di mulai pada minggu terakhir Bulan Oktober 2021, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan bakal mendatangi sejumlah desa di wilayah Balangan. Program ini, merupakan kegiatan Disdukcapil Balangan dalam rangka jemput bola untuk pengurusan administrasi penduduk.

Rencananya, Disdukcapil Kabupaten Balangan akan melakukan perekaman data diri bagi warga pemula yang akan memiliki E KTP. Sekaligus melakukan pendataan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan, HIfziani menerangkan, perekaman sidik jari yang akan dilaksanakan menyisir desa-desa yang menyebar pada delapan kecamatan di Balangan. Beberapa desa diantaranya berjarak lumayan jauh dari pusat ibu kota kabupaten.

Jadwal kedatangan Disdukcapil ke desa dimulai pada tanggal 26 Oktober mendatang. Kegiatan tersebut berlanjut hingga akhir tahun, yakni pada tanggal 8 Desember 2021.

“Karena pada beberapa desa ada yang minim jaringan, sehingga kami hanya melakukan perekaman sidik jari. Program ini dikhususkan untuk penerima E KTP Pemula atau yang belum pernah melakukan perekaman E KTP,” ucap HIfziani, di Paringin.

Program perekaman sidik jari dijadwalkan dua hari berturut-turut setiap minggunya. Sehari, ada satu desa yang didatangi.

Tak Hifziani pungkiri, dalam menjalankan program tersebut, pihaknya juga mengalami keterbatasan anggaran. Namun pelayanan kepada masyarakat tetap harus berjalan.

Merujuk data pelayanan keliling Disdukcapil Kabupaten Balangan, ada 14 desa yang dijadwalkan akan didatangi oleh petugas pelayanan Disdukcapil untuk perekaman sidik jari.

Baca juga :  Dua Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Mendapatkan Akreditasi B

Adapun daftar desa tersebut yakni dimulai dari Desa Hamarung, Mihu, dan Sumberrejeki pada Kecamatan Juai. Kemudian berlanjut ke Desa Hauwai, Mantuyan, Mauya di Kecamatan Halong.

Pada Kecamatan Batumandi, dijadwalkan ke Desa Mampari, kemudian di Kecamatan Tebingtinggi, di Desa Auh dan Mayanau. Sementara pada Kecamatan Awayan, yakni Desa Badalungga, dan Kecamatan Paringin di Desa Dahai, Kecamatan Lampihong, Desa Lok Panginangan, terakhir di Kecamatan Paringin Selatan di Desa Murung Abuin.[sa/mb03]}