loader image

Festival Pasar Terapung Bangkitkan Pariwisata Kalsel

BANJARMASIN – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur Kalsel membuka secara resmi Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di Siring 0 Km Banjarmasin Jumat (22/10) siang.

Pembukaan festival budaya pasar terapung yang masih dalam situasi pandemi Covid-19 itu, ditandai pemukulan tapak mayang di atas panggung oleh Sekda Kalsel dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, M Syarifudin.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis dibacakan Sekdaprov Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi pada Dinas Pariwisata, dalam upaya membangkitkan pariwisata Kalsel yang sempat terpuruk akibat Covid-19.

“Saya kira hal ini merupakan tantangan besar untuk membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi seperti sekarang,” kata Paman Birin –sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Melalui event tahunan ini, diharapkan geliat sektor pariwisata Kalsel bangkit kembali dan dapat memberikan keamanan, serta kenyamanan bagi wisatawan lokal maupun luar untuk datang ke provinsi ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, M Syarifudin mengatakan, event ini merupakan acara perdana selama dua tahun terakhir.

“Alhamdulillah, event ini bisa dikatakan merupakan yang paling dinantikan, karena sudah lama tidak ada acara seperti ini akibat pandemi,” katanya, seraya menyebutkan ada tiga event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata yakni Festival Pasar Terapung, Travel Mart dan Travel Fair.

Terkait pelaksanaan perdana event pariwisata di tengah PPKM Level II di kota Banjarmasin, Syarifudin menekankan bahwa kegiatan ini tetap dilakukan dengan prokes yang ketat.

Baca juga :  Hari Kesehatan Nasional Ke - 57, Tapin Raih 6 Penghargaan Lomba

“Kita melakukan pemeriksaan suhu badan di pintu masuk, juga diminta untuk menunjukkan bukti sudah divaksin lewat aplikasi pedulilindungi,” tutur Syarifudin. adp/ani