loader image

Sekda Tapin Pimpin Urun Rembuk UU Cipta Kerja

URUNG REMBUK-Sekda Tapin H Masyraniansyah SP MMA MP saag memimpin Urun Rembuk terkait UU Cipta Kerja dan pembentukan PBG Kab.Tapin.

RANTAU,- Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin H Masyraniansyah SP MMA MP gelar pertemuan urun rembuk terkait telah diundangkannya UU No.11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan peraturan daerah No.16 tahun 2021 tentang peraturan pelaksana UU No.28 tahun 2002 tentang bangunan gedung, Bertempat di Aula Gedung Tamasa Kantor Setda Tapin, Rabu (13/10/2021).

Urung rembuk dihadiri Kepala Bappelitbang Dr H Zainal Aqli SE ME, Kepala Dinas PUPR Tapin H Yustan Azidin ST MT serta perwakilan pimpinan SOPD serta perwakilan Camat se Kabupaten Tapin.

Seperti yang diutarakan Sekda Tapin, mendasari amanat UU Cipta Kerja dan peraturan pemerintah No.21 tahun 2021, tentang penyelenggaraan penataan ruang dan peraturan menteri agraria dan tataruang Kepala BPN No.13 tahun 2021 tentang pelaksanaan kesesuaian kegiatan pemanfatan ruang dan sinkronisasi program pemanfaatan ruang.

Urun rembuk ini, untuk menyikapi dan mengimplementasikan UU No.11 Tahun 2020 tantang UU Cipta Kerja dan salah satunya terkait adanya perubahan dari izin mendirikan bangunan (IMB) menjadi persetujuan pembangunan gedung (PBG) dengan peraturan yang lebih disederhanakan.

Perubahan IMB menjadi PBJ ini, akan mempercepat proses perizinan pembangunan gedung dan sekaligus menjawab IMB – IMB yang dulu pernah di terbitkan di daerah.

Karena itu kita akan membentuk tim yang sekretariatnya akan berada di Dinas PUPR Kabupaten Tapin. Setalah nantinya tim terbentuk nantinya akan ada rapat – rapat lanjutan yang mana harapan kita di tahun 2022 tim PBG sudah dapat berjalan.

Baca juga :  Pemkab HSU Laksanakan Swab Gratis Untuk Masyarakat dan ASN

Sementara itu Kadis PUPR Tapin H Yustan Azidin menambahkan, tim penilai yang akan dibentuk terdiri dari tim sekretariat, tim penilai teknis dan tim penilai ahli yang merupakan kolaborasi dari beberapa SOPD yang akan berada dan bertugas di 12 kecamatan di Tapin.

Urun rembuk kali untuk untuk menetapkan komposisi awal tim yang akan dibentuk dan siapa saja anggotanya, agar kedepan kita dapat menyusun lebih detail lagi siapa saja yang akan masuk dalam tim PBG yang akan dibentuk.

Melalui aplikasi sistem informasi managemen bangunan gedung (SIMBG), aplikasi ini secara nasional sudah diterapkan, karena itu kita juga harus segera membentuk tim PBG Kabupaten Tapin agar pada tahun 2022 sudah dapat berjalan.{{her/mb03]}