loader image

Tim Penggerak PKK Tala Latihan Olah Pangan

PELAIHARI – Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Laut (Tala) mendapatkan pelatihan mengolah pangan alternatif dari tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) yaitu tepung berbahan dasar singkong ubi kayu, bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Tala. Pelatihan tersebut dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tala, Hj Nurul Hikmah Sukamta di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (12/10).

Kepala Dinas KPP Kabupaten Tala, Rizayadi menyebutkan kegiatan yang diikuti 33 peserta dari 11 kecamatan se-Kabupaten Tala kali ini akan memberikan ragam materi hingga praktik diantaranya materi kewirausahaan pangan khas daerah, pengolahan makanan berbahan mocaf, praktik dan demokrasi olahan pangan serta kegiatan penyajian dan pelabelan.

Rizayadi berharap para peserta pelatihan kali ini dapat meningkatkan kemampuan pengolahan pangan di dalam menu harian keluarga. “Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kemampuan olahan pangan berbahan lokal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Tala, Hj Nurul Hikmah Sukamta turut memberikan semangat kepada para peserta agar mulai membiasakan diri dengan bahan pangan alternatif lokal selain tepung terigu dan beras.

Salah satunya adalah tepung mocaf yaitu tepung yang telah dimodifikasi secara biologis (fermentasi) dengan menggunakan starter atau ragi jenis BIMO CF. “Singkong memiliki gizi yang sama dengan beras, sudah diakui dunia, bisa menjadi pengganti terigu,” jelasnya.

Nurul berharap kegiatan pelatihan tidak hanya sampai pada kemampuan olah pangan saja, namun bisa dijadikan sebagai usaha sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan keluarga. “Semoga, setelah ikut praktik bisa diterapkan di rumah,” harapnya. ris/ani

Baca juga :  Nurul Apresiasi Peran dan Kinerja Himpaudi Tala