loader image

Menanti rekomendasi kelayakan eks Perpustakaan untuk jadi Istana anak yatim

STUDI KELAYAKAN-Ekspose studi kelayakan yang digelar di Aula Benteng Tundakan.

PARINGIN, MB – Rencana realisasi pembangunan istana anak yatim memasuki babak baru, teranyar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan kini tengah menanti rekomendasi, untuk Kantor eks Dinas Perpustakaan untuk di jadikan Istana anak yatim.

Terkait rekomendasi tersebut, saat ini Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, tengah dalam tahapan studi kelayakan bangunan tersebut.

“Kalau melihat kondisi bangunan masih layak, namun masih ada tahapan berikutnya dari studi kelayakan yang kami lakukan,” jelas Nurpansyah ketua tim LPPM ULM, dalam sesi wawancara usai kegiatan Ekspose studi kelayakan yang digelar di Aula Benteng tundakan, kemarin.

Menurutnya, eks Kantor Perpustakaan jika akan dijadikan Istana anak yatim memang ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti kontur tanah yang tidak rata.

“Kami masih perlu waktu guna melakukan kajian agar dapat memberikan usulan ke pihak Pemda terkait kelayakan penggunaan eks kantor Perpustakaan dijadikan istana anak yatim,” bebernya.

Pihaknya menurut Nurpansyah, masih mempunyai waktu untuk melakukan kajian tersebut hingga akhir tahun mendatang.

“Untuk durasinya, hingga Desember sudah final dan rekomendasinya sudah keluar,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan jika sudah keluar hasil rekomendasi dari LPPM ULM mengenai kelayakan kantor bekas Dinas Perpustakaan, maka akan dilakukan perencanaan selanjutnya.”Jika memang layak, tentunya kita akan lakukan desaign ulang,” ucapnya.

Baca juga :  Ikuti Festival Pasar Terapung Balangan Promosikan Potensi Daerah

Selain itu Bupati Juga mengatakan, pembangunan Istana anak yatim akan di lakukan di tahun 2022 mendatang, setelah selesainya studi kelayakan yang berkenaan dengan APBD Perubahan.

“Insya Allah di tahun 2022, kita sudah melakukan langkah-langkah pembangunan fisik,” ungkapnya.{[sa/mb03]}