loader image

Kalsel Ikuti Semua Cabang di STQH Nasional

WAKIL Gubernur H Muhidin menyerahkan pataka kepada pimpinan kafilah Kalsel HM Arsyad, yang juga menjabat sebagai Ketua II Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) provinsi ini.

BANJARMASIN – Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Muhidin melepas secara resmi keberangkatan Kafilah Kalsel, yang akan mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat Nasional XXVI Tahun 2021 di Maluku Utara.

Pelepasan kafilah STQH Provinsi Kalsel yang akan mengikuti semua cabang lomba yang dipertandingkan itu, berlangsung di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. Kegiatan diawali Salat Maghrib dan Salat Hajat berjamaah, serta doa bersama, Selasa (12/10) malam.

Pelepasan kafilah Kalsel juga dihadiri Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel Adi Santoso, Kepala Kanwil

Kementerian Agama Provinsi Kalsel DR HM Tambrin MMPd, serta Plt Kepala Biro Kesra Setdaprov Kalsel Muhammad Mustajab. Wagub Kalsel H Muhidin berpesan kepada para Kafilah Kalsel agar STQH tingkat nasional kali ini hendaknya dijadikan sebagai

persiapan untuk menghadapi MTQ tingkat Nasional tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Kalsel.

“Jadikan event ini sebagai pembelajaran, persiapan untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tahun 2022 di Kalsel,” pesannya.

Muhidin mengatakan, persiapan untuk MTQ Nasional tahun 2022 nanti, dipersiapkan sedini dan semaksimal mungkin. “Tidak ada keberhasilan tanpa usaha dan perjuangan yang maksimal. Dengan

persiapan yang matang, paling tidak kita bisa meraih juara 2 di MTQ Nasional nanti, bahkan bisa jadi juara umum,” harapnya.

Muhidin juga menyampaikan pesan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor agar para kafilah dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya di ajang STQH nanti, sehingga bisa mengukir prestasi dan mengharumkan nama banua.

Baca juga :  SKPD Diminta Bersinergi Wujudkan Kalsel Maju

STQH Tingkat Nasional Tahun 2021, akan diselenggarakan di Kota Sofifi, Provinsi Maluku Utara, pada 14-23 Oktober 2021. Kafilah Kalsel yang berjumlah 60 orang berangkat ke Maluku Utara, Rabu (13/10).

Plt Kepala Biro Kesra Setdaprov Kalsel, Muhammad Mustajab menambahkan, pada gelaran STQH tingkat nasional di Maluku Utara itu, Kalsel mengikuti semua cabang lomba, yang terdiri atas tilawah, tahfiz, tafsir dan hadist.

Sebelum mengikuti STQH itu, kata Mustajab, semua qari dan qariah, hafidz dan hafidzah, mufasir dan mufasirah serta cabang hadist telah mengikuti pemusatan latihan (TC) terpusat di Banjarmasin.

Selama pemusatan latihan, panitia pelaksana TC telah mengundang narasumber dari Jakarta untuk membimbing dan memperbaiki kualitas kafilah Kalsel, sehingga diharapkan mampu bersaing dengan kafilah daerah lain. adp/ani