loader image

Tala Terima Bagi Hasil Pajak Daerah Rp27,6 Miliar

SEKDAKAB Tanah Laut (Tala), H Dahnial Kifli saat menerima bukti penerimaan hasil pajak daerah dari Kepala UPPD Pelaihari, Fajar Gemilang.

PELAIHARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) menerima dana bagi hasil pajak daerah dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Pelaihari pada triwulan kedua tahun 2021 senilai Rp27,6 miliar.

Hal itu terungkap saat penyerahan Surat Keputusan (SK) bagi hasil pajak daerah antara provinsi dan kabupaten kepada Bupati Tala HM Sukamta diwakili Sekdakab Tala, H Dahnial Kifli di ruang kerjanya, di Pelaihari, Senin (11/10).

Dahnial mengatakan, dana tersebut akan disalurkan melalui transfer yang akan dicantumkan dalam APBD Kabupaten Tala. “Setelah dana itu dicantumkan dalam APBD, maka dana itu akan digunakan Pemkab untuk pembiayaan rutin dan pembangunan,” jelasnya.

Pimpinan Aparatur Sipil Negara (ASN) tertinggi di Tala menjelaskan kontribusi terbesar bagi hasil penerimaan pajak tersebut berasal dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar Rp17,6 miliar.

Dahnial mengajak seluruh masyarakat untuk taat membayar pajak, karena pajak yang dibayar akan dipergunakan untuk membangun Tala yang lebih maju dan berkembang. “Mari membayar pajak, taat pajak untuk membangun banua kita,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala UPPD Pelaihari, Fajar Gemilang menuturkan penerimaan bagi hasil pajak itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan, pada triwulan I, Pemkab Tala menerima dana bagi hasil pajak daerah sebesar Rp19 miliar.

Fajar menilai dari kontribusi yang dicapai pada UPPD Pelaihari saat ini dapat mencapai target yang telah ditentukan. “Kami semua tentunya berharap dana itu dapat digunakan untuk membangun daerah khususnya Tala,” harapnya. ris/ani

Baca juga :  Dua Atlet Tala Ukir Sejarah