loader image

Tabalong Siap Jadi Food Estate di Kalsel

SIAP DIPANEN – Hamparan padi yang siap dipanen menjadi salah satu lumbung padi di Tabalong dalam mempersiapkan diri untuk menjadi Food Estate di Kalsel.

TANJUNG – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyatakan kesiapan kabupaten setempat untuk menjadi food estate bagi pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Ibukota Negara yang baru.

Menurutnya, hal tersebut telah disampaikan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat acara syukuran panen padi di Desa Nalui, Kecamatan Jaro, Jumat (8/10) lalu.

“Hasil panen di Kecamatan Jaro, berhasil di dapat delapan ton lebih. Artinya, kita siap menjadi food estate bagi Kalsel dan untuk memenuhi kebutuhan pangan Ibukota Negara baru,” ujarnya, Senin (11/10).

Food estate sendiri, merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi, dengan mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan dalam satu kawasan. Rencananya, food estate akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) pemerintah Indonesia 2020-2024.

Anang mengatakan, selain menjadi food estate, Tabalong juga siap menjadi pintu gerbang Ibukota Negera baru. “Penduduk di Ibukota Baru nanti, kalau mencari kebutuhan pangan tidak perlu ke Kota Martapura di Kabupaten Banjar, cukup ke Tabalong,” katanya.

Untuk mendukung pengembangan food estate di Tabalong, lanjut dia, ia telah meminta kepada gubernur agar bisa mengutamakan pembangunan bendungan Jaro.

“Kita berharap, pembangunan bendungan Jaro bisa didahulukan sebelum Ibukota Negara di pindah secara resmi ke Kalimantan Timur (Kaltim),” pungkasnya.

Diyakini, kebutuhan pangan di Ibukota Negara baru nantinya akan sangat tinggi, dan penduduknya dipastikan akan mencari pasokan dari daerah terdekat.

Baca juga :  Lapor Manis Dapat Pujian 100 Persen

Tabalong yang berbatasan langsung dengan Kaltim, tentu akan menjadi tujuan utama penduduk Ibukota Negara baru dalam pemenuhan pasokan kebutuhan pangan. Rls