loader image

Sektor Pertahanan Timnas Masih Lemah

JAKARTA – Pelatih Tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong meminta kepada pemainnya untuk tidak cepat puas dengan hasil kemenangan atas Taiwan di laga paly-off, yang mengantarkan Indonesia lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih asal Korea Selatan itu, mengaku puas dengan performa tim asuhannya tersebut. Ia pun mengapresiasi kerja keras anak asuhnya sepanjang pertandingan.

“Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan. Jadi, untuk ke depannya, kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang,” kata Shin setelah pertandingan.

Sejauh ini, tambah Shin Tae-yong, evaluasi yang dilakukan nya dalam pen­ye­le­sai­an akhir bekerja dengan baik. Namun hal itu bukan berarti permainan tinhya sudah sempurna, karenanya dia meinta para pemian tidak cepat puas karean masih banyak yang perlu diperbaiki.

Pelatih berusia 52 tahun tersebut menilai, masih perlu ada perbaikan di sektor pertahanan. Pasalnya, Indonesia beberapa kali hampir kecolongan karena membiarkan pemain lawan berdiri tanpa penjagaan. Ia melihat sektor pertahanan harus lebih stabil lagi.

“Meski hari ini kami mampu mencetak tiga gol, namun harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya. Kami ingin lebih baik lagi ke depannya dan ini adalah langkah pertama kami,” ungkap mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Selanjutnya, tim Merah Putih berhak bergabung dengan dengan Nepal, Mongolia, Bangladesh, dan Srilangka di pot nomor empat. Adapun satu slot lagi, masih diperebutkan oleh Kamboja dan Guam yang akan melakoni laga leg kedua pada Selasa (12/10) malam WIB. Kamboja unggul 1-0 pada leg pertama.

Baca juga :  FC Porto Ujian Pertama Lawan Juventus

Selain Indonesia, lima negara Asia Tenggara lainnya sudah lebih dulu memastikan lolos ke babak kualifikasi. Thailand, Filipina, dan Myanmar tergabung di pot nomor dua. Sementara, Malaysia dan Singapura menempati pot nomor tiga. Nantinya, 24 negara akan dibagi ke dalam enam grup untuk memperebutkan 11 tiket ke Piala Asia 2023.

Rencananya, Kualifikasi Piala Asia 2023 akan ber­la­ng­su­ng pada 1 Februari hingga 27 September 2022. Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang sudah memastikan tempat di putaran final Piala Asia 2023 karena menghuni dua besar klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan berpesan kepada pemain timnas Indonesia agar tidak cepat puas. Menurutnya, tim-tim kuat sudah menunggu di babak kualifikasi nanti.

Iriawan ingin, Evan Dimas dkk tetap bekerja keras, bermain maksimal, dan terus mengikuti instruksi dari tim pelatih. “Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi prestasi skuad Garuda,” kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (12/10).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, mengingat perjuangan Timnas masih panjang, karena para pemian dimuinat untuk terus displin dalam menjalani program yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong nantinya.

Sebagaimana diketahui Timnas lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023, setelah menyingkirkan Taiwan dengan agreegat 5-1 dari dua leg di laga play-off. Indonesia menang tipis 2-1 pada pertemuan pertama, skuad Garuda unggul meyakinkan dengan skor 3-0 pada leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam lalu.

Baca juga :  PSSI Upayakan TC Timnas Digelar Agustus

Pada laga tersebut, ketiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana pada menit ke-27, Ricky Kambuaya pada menit ke-54, dan Witan Sulaeman pada menit ke-90+3. (riz)