loader image

Kwarcab Tabalong Gelar Pitaran Pelatih Pembina

D:\Data\Oktober 2021\1410\2\2\New Folder\Kwarcab Tabalong Gelar Pitaran Pelatih Pembina.jpg
KETUA Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Tabalong Yuhani saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pitaran Pelatih Pembina

TANJUNG – Untuk mengatasi kurangnya tenaga pelatih, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan pelatihan penyegaran (pitaran) bagi pelatih pembina pramuka, Rabu (13/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Tamu Pendopo Bersinar Tanjung tersebut, diikuti 25 orang dari Korps Pelatih Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Tabalong.

Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Tabalong Yuhani mengungkapkan, saat ini Tabalong hanya memiliki 25 tenaga Pelatih Pramuka. “Itu pun sebagian di antaranya ada yang sudah tidak aktif dikarenakan berbagai kendala. Jumlah 25 orang untuk wilayah seluas Kabupaten Tabalong itu, memang tidak cukup,” katanya.

Untuk dapat menambah jumlah tenaga Pelatih Pramuka di Tabalong, akan dilaksanakan Kursus Pelatih Dasar (KPD).

“Kita akan membuka peluang bagi pembina pramuka yang sudah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML), agar dapat melanjutkan jenjang pendidikannya dengan mengikuti KPD,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut dia, sudah dibicarakan dengan Kwarda Kalsel dan diharapkan dapat diikuti jajaran pengurus Kwartir Ranting di Tabalong. “Selain itu, tidak menutup kemungkinan kegiatan KPD juga diikuti peserta dari luar Tabalong,” tambahnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pitaran Pelatih Endang Handajani mengatakan, sesuai dengan harapan Ketua Harian Kwarcab Tabalong, pitaran ini dilaksanakan sebagai persiapan menjelang pelaksanaan KPD nantinya.

“Kegiatan ini, merupakan ajang pertemuan bagi para pelatih pembina pramuka untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dengan difasilitasi para pelatih pembina pramuka yang berkualitas,” katanya.

Baca juga :  Kelompok Anak Muda Gelar Baksos

KPD sendiri, rencananya dilaksanakan selama lima hari sejak 24 hingga 28 November mendatang.

“Pitaran pelatih pembina pramuka yang dilaksanakan kali ini, bertujuan meningkatkan kapasitas pelatih pembina pramuka dalam berbagai hal,” ujarnya.

Peningkatan yang dimaksud, tambahnya, seperti manajemen kepelatihan, metodologi, kepelatihan, psikologi terapan, keterampilan informasi teknologi, keterampilan menginovasi dan mengimprovisasi bahan latihan serta keterampilan kewirausahaan. rls