loader image

Indonesia Lolos ke Perempat Final Thomas Cup, Shesar Hiren Rhustavito Penentu Kemenangan Indonesia

Jakartta – Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting membuka keunggulan tim Indonesia 1-0 atas Taiwan pada pertandingan penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas, Rabu siang WIB.

Bertempat di Ceres arena, Aarhus, Denmark, Ginting yang kini berada di peringkat kelima BWF itu menaklukkan Chou Tien Chen, yang menempati peringkat keempat, dalam dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-16 dalam waktu 51 menit.

Jonatan Christie menyumbang angka kemenangan kedua untuk Tim Indonesia sehingga kini unggul sementara 2-1 atas Taiwan dalam laga penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas.

Pada pertandingan yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu sore WIB, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, memetik kemenangan straight game 21-17, 21-13 atas Wang Tzu Wei dalam waktu 50 menit.

Jojo tampil memukau pada gim pertama. Meski lawannya terus menyerang dan lebih mendominasi, namun Jojo bisa mengatasi serangan-serangan itu dan secara perlahan membalikkan keadaan.

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto rupanya harus mengakui kehebatan pasangan Taiwan peraih medali emas Olimpiade Tokyo beberapa waktu lalu, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Pada laga penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu siang WIB, Fajar/Rian dibuat takluk dalam tiga gim dengan skor 26-28, 21-16, 14-21 dengan durasi 62 menit.

Mohammad Ahsan/Daniel Marthin kalah 20-22, 21-17, dan 21-23 dari Lu Ching Yao/Yang Po Han pada laga keempat fase grup Thomas Cup, Rabu (13/10).

Baca juga :  Karate FKTI Harumkan Nama Kalsel di Tingkat Nasional

Indonesia menampilkan pasangan senior junior, Ahsan dan Daniel, sebagai ganda kedua untuk menghadapi Yao/Han.

Tempo pertandingan cepat berlangsung cepat. Ahsan/Daniel memimpin di awal, namun cepat pula Yao/Han membuat skor seri 3-3. Ahsan/Daniel kembali unggul setelah itu, sementara Yao/Han terus menguntit dengan selisih satu poin saja.

Penentu kemenangan

Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito berhasil mengalahkan tunggal putra Taiwan Chi Yu Jen 16-21, 21-18, 21-19 di partai terakhir Grup A Thomas Cup di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10). Hasil ini membuat Indonesia mengalahkan Taiwan dengan skor 3-2.

Shesar mampu tampil enjoy dengan menguasai permainan di gim pertama. Shesar berhasil memimpin perolehan poin pertama hingga sempat unggul 3-1.

Sayang kesalahan Shesar membuat Chi Yu Jen mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 4-3. Tetapi, setelah itu Shesar mampu kembali ke permainan terbaiknya dan sempat unggul 6-3.

Namun, saat mencapai poin tujuh penampilan Shesar menurun. Sebaliknya Chi Yu Jen mulai menemukan permainan terbaiknya hingga membuat skor imbang 7-7. Bahkan, Chi Yu Jen mampu berbalik memimpin menjadi 8-7, kemudian 9-7.

Shesar mampu bangkit dan membuat skor kembali imbang 9-9 dan 10-10. Meski akhirnya Shesar harus tertinggal 10-11 di interval gim pertama.

Setelah interval gim pertama, Chu Yu Jen langsung tampil impresif dan memimpin perolehan poin hingga 13-11. Tapi, Shesar berhasil mengejar ketertinggalan dan membuat skor imbang 13-13.

Baca juga :  Praveen/Melati Menangi Laga Penyisihan Kedua Grup C

Namun, setelah itu Shesar mulai kehilangan konsentrasi dan sempat tertinggal 17-14 hingga akhirnya kalah pada gim pertama dengan skor 21-16.

Di gim kedua, Chi Yu Jen langsung mendominasi permainan hingga sempat 8-1.

Namun , Shesar berhasil mengejar ketertinggalan hingga membuat skor 8-6. Bahkan, Shesar mampu berbalik memimpin 10-9 dan menutup interval gim kedua dengan kemenangan 11-9.

Setelah interval gim kedua, Shesar kembali melanjutkan keunggulannya 16-14 dan akhirnya memenangkan gim kedua 21-18 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke rubber gim.

Di gim ketiga, Shesar tampil tenang dan berhasil unggul hingga 7-2. Sementara Chi Yu Jen yang tampil agresif justru banyak gagal menambah poin.

Shesar akhirnya sukses menutup interval gim ketiga dengan kemenangan 11-6. Setelah interval gim ketiga, Shesar sempat dua kali melakukan kesalahan berturut-turut dan membuat lawan mendekat dengan skor 11-9. Bahkan, Chi Yu Jen mampu membuat skor imbang dari 14-14, hingga 19-19. Akhirnya, Shesar memenangkan gim ketiga dengan skor 21-19 dan membuat Indonesia menang 3-2 atas Taiwan.