loader image

5 Makanan untuk Usus Sehat

D:\Data\Oktober 2021\1410\11\Halaman 1-11 Kamis\5 makanan.jpg

Usus yang sehat mutlak diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Usus menampung banyak bakteri dan jamur yang membantu Anda mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Mikroorganisme pada usus membentuk ekosistem yang kompleks sering terganggu oleh hal-hal seperti antibiotik, pola makan yang buruk terus menerus, stres dan obat-obatan. Dilansir dari dlmag.com pada Selasa (12/10), untungnya, ada banyak makanan yang dapat membantu Anda memodifikasi dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Berikut adalah beberapa makanan prebiotik terbaik untuk usus yang sehat yaitu :

Asparagus

Asparagus adalah sumber prebiotik dan sayuran yang cukup populer. Asparagus mengandung sekitar 2 dan 3 gram inulin per 100 gram. Ini adalah salah satu sumber inulin yang paling padat kalori, yang membantu Anda dengan kesehatan pencernaan Anda termasuk mengatur kadar glukosa dan insulin yang optimal, bersama dengan bakteri baik lainnya di perut Anda. Asparagus paling baik dikonsumsi mentah.

Biji Cokelat

Kakao adalah favorit di antara semua kelompok umur dan merupakan prebiotik yang sangat berharga untuk usus Anda. Biji kakao adalah biji dari pohon kakao Theobroma dan rasanya enak dan sehat. Anda bisa mengkonsumsi jenis dark chocolate yang setidaknya 70 persen kakao untuk manfaatnya dan juga bisa mengkonsumsi coklat bubuk asli.

Apel

Satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit. Apel adalah sumber pektin prebiotik yang baik yang memberi makan bakteri usus penghasil butirat usus. Selain itu, buah ini kaya akan antioksidan, polifenol dan pektin yang juga meningkatkan metabolisme dan mengatur kolesterol.

Baca juga :  Gangguan Mental Disebut Akan Jadi Pandemi Global

Bawang Bombay dan Daun Bawang

Bawang dan daun bawang berasal dari keluarga yang sama dan padat nutrisi. Keduanya adalah aromatik yang kaya inulin ramah usus dan dapat dinikmati mentah atau dimasak. Bawang memiliki banyak antioksidan dan prebiotik di dalamnya membantu dalam pemecahan cepat komponen makanan. Bawang bisa meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dalam sel.

Jelai atau barley

Biji-bijian sereal ini kaya akan beta-glukan, serat prebiotik yang meningkatkan pertumbuhan probiotik di usus Anda. Jelai menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Makanan ini kaya akan selenium, yang membantu fungsi tiroid, memberikan manfaat antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan Anda.rep/ron