loader image

Jumlah Pasien Covid-19 Melandai, Bupati Kebut Pelaksanaan Vaksinasi

BUPATI Tabalong H Anang Syakhfiani.

TANJUNG – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meminta empat pilar kecamatan terus meningkatkan minat masyarakat melakukan vaksinasi tahap kedua.

Pasalnya, masih terjadi kesenjangan antara vaksinasi dosis pertama dengan dosis kedua. Hal ini disampaikan bupati saat rapat koordinasi perluasan cakupan vaksinasi di halaman Pendopo bersinar, Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

“Dengan target vaksinasi 530 orang per hari, mampu menekan kasus penyebaran Covid-19 yang sebelumnya mencapai ratusan, kini hanya tersisa puluhan orang,” ujarnya.

Karena itu dirinya meyakini, vaksinasi dosis kedua mampu membentuk kekebalan tubuh secara kelompok. Dengan hasil inilah, bupati mendorong empat pilar kecamatan yang terdiri atas camat, kapolsek, danramil, serta puskesmas, untuk memaksimalkan komunikasi pada masyarakat.

“Kalau saya, cenderung kita umumkan terbuka keberhasilan kita dalam menekan tingkat penyebaran dan penularan selama kita intensif melaksanakan vaksinasi,” katanya.

Anang berharap, kapolres dan dandim melalui jajarannya dapat turut mengimbau masyarakat agar segera melaksanakan vaksinasi dosis kedua. Kabupaten Tabalong sendiri, saat ini membuka lebar kesempatan bagi berbagai organisasi agar ikut serta dalam upaya vaksinasi.

“Tentunya dengan koordinasi bersama satgas kabupaten agar vaksinasi dapat terdata dan berjalan sesuai target yang ditentukan,” terangnya.

Ia menambahkan, agar vaksinasi dapat terus berjalan dengan intensif di 12 kecamatan di Kabupaten Tabalong, terlebih untuk kecamatan yang masih belum maksimal melaksanakan vaksinasi.

Meski saat ini Tabalong berada di posisi ke-3 dalam cakupan vaksinasi se-Kalimantan Selatan, namun secara persentase, Tabalong baru mencapai 29% untuk dosis pertama dan 15% untuk dosis kedua.

Baca juga :  Genjot IPM dan entaskan kemiskinan Pemkab HSU alokasikan Rp284,3 miliar

Dalam upaya mendorong percepatan vaksinasi ini, ia bersama unsur pimpinan daerah lainnya, akan turun langsung ke kecamatan untuk menyampaikan kepada masyarakat, terkait dampak vaksin yang dapat menekan penyebaran Covid-19. Sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal. rls