loader image

Paman Birin Panen Padi Bersama Masyarakat

C:\Users\Yoyos\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\kontrak.jpeg
HADIRI SYUKURAN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menghadiri syukuran panen padi masyarakat Desa Nalui, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Jum’at (8/10).

TANJUNG – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin melakukan panen padi bersama dengan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, serta masyarakat Desa Nalui, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Jumat (8/10).

Panen padi yang dilakukan pada malam hari ini, masih dalam rangkaian Vaksinasi Bergerak yang digagas Paman Birin –sapaan akrabnya.

Paman Birin bersyukur dapat bersama-sama melakukan panen padi dengan masyarakat Desa Nalui. “Panen lagi, tanam lagi, panen, tanam lagi. Begitulah pertanian di Kalimantan Selatan dan khususnya di Kabupaten Tabalong. Luar biasa,” ujarnya.

Ia mengatakan, pertanian di Tabalong ini bagaikan membangunkan raksasa tidur. “Raksasa tidur itu sendiri, yaitu lahan-lahan tidur yang tidak tergarap. Kemudian oleh petani kita untuk bisa memanen padi sekaligus memanennya,” katanya.

Menurut Paman Birin, panen padi yang dilakukan malam hari ini, menandakan medan dan cuaca bukan menjadi penghalang. Panen di malam hari bukan cuma dilakukan di Kabupaten Tabalong, namun juga di beberapa daerah lain di Kalsel.

“Kita harus berbagi waktu dan kesempatan. Karenanya, waktu yang ada untuk memanen padi malam hari, kita panen malam hari,” ucapnya.

Semangat petani Tabalong ini, lanjut dia, sangat luar biasa. Karena meskipun dalam pandemi Covid-19, tetap melakukan penanaman padi dan setelah berhasil di panen.

“Memang begitu seharusnya. Semangat ini dapat diambil contoh, tidak peduli dalam kondsi apapun,” ujarnya.

Sementara, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, meminta dukungan Pemprov Kalsel terkait pembangunan Bendungan Jaro.

Baca juga :  Warga Tabalong terdampak COVID-19 terima bantuan sembako

“Kami harapkan pemerintah provinsi dapat lebih memberi perhatian kepada kami. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas padi, terlebih Ibukota Negara akan banyak keperluan pangan dan akan mencarinya ke daerah terdekat, yakni Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kecamatan Jaro mempunyai potensi besar untuk dikembangkan dan siap untuk menjadi Food Estate.

Dalam panen padi kali ini, Paman Birin juga menyerahkan bantuan bibit padi, bibit jagung, dan alat pertanian dengan total nilai Rp 1,8 miliar. rls