loader image

Pemuda Tapin Galang Dana di Jalan

D:\Data\September 2021\1709\2\2\New Folder\Pemuda Tapin Galang Dana di Jalan.jpg
PENGGALANGAN dana Pemuda Tapin Peduli untuk korban banjir di Kalteng.

RANTAU – Pemuda Tapin Peduli melakukan penggalangan dana untuk korban banjir di Kalimantan Tengah sebagai aksi solidaritas.

“Total hasil seluruhnya sebanyak Rp 9.526.000 disalurkan lewat Aksi Tanggap Cepat (ACT) Kalteng. Perwakilan teman kami langsung memberikan ke tempat sebagai transparansi hasil dari kegiatan,” ujar Ketua Kompas Tapin Ahmad Riady, Kamis (16/9).

Ia mengatakan, para pemuda Tapin itu mewakili berbagai perkumpulan, yakni Gelas Budaya, Kompas, DKC, Barangai, KUN , Ruai Rindu dan CPNS Tapin 2020. Penggalangan dilakukan selama dua hari.

Ketua Gelas Budaya Tapin M Rizkan Fadhiil menjelaskan, aksi itu juga disebut sebagai balas budi kepada masyarakat Kalteng. “Awal 2021 lalu, Kalsel dilanda banjir. Waktu itu bantuan dari Kalteng mengalir ke berbagai kabupaten di Kalsel,” ujarnya.

Awalnya, hanya tujuh kabupaten terdampak banjir, dan merambat menjadi 11 kabupaten dari 14 kabupaten/kota di Kalteng.

“Ada enam kabupaten ditetapkan status tanggap darurat bencana banjir, serta yang paling parah yaitu Katingan, Kota Waringin Barat dan Seruyan,” ujarnya

Catatan kerugian material kurang lebihnya ada 7.561 rumah warga, 47 lembaga pendidikan, 42 rumah Ibadah, 25 perkantoran, 16 fasilitas kesehatan dan 13 posko PPKM. ant/yos

Baca juga :  Bangau Tewas di Sungai Bawah Jembatan Rawasari