loader image

Harga Jagung Pakan Dipatok Rp4.500 Kg

D:\Data\September 2021\1709\7\7\FOTO HAL EKONOMI ( 6 dan 7 )\jagung-siap.jpg

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi untuk menurunkan harga jagung pakan menjadi Rp4.500 per kg pada pekan ini.

Hal ini diungkapkan Syahrul usai melakukan pertemuan dengan Jokowi dan 15 peternak.

Syahrul mengatakan penurunan harga menjadi Rp4.500 per kg khususnya dilakukan di Klaten, Blitar, dan Lampung. “Bapak Presiden memberikan petunjuk perintahnya kepada Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian adalah melakukan langkah cepat minggu ini juga agar kebutuhan jagung khususnya di tiga tempat bisa tertangani dengan harga sangat normatif,” ungkap Syahrul.

Ia menyatakan pemerintah juga berpotensi memberikan subsidi demi menurunkan harga pakan jagung untuk peternak. Menurut Syahrul, Klaten, Blitar, dan Lampung adalah tiga sentra peternak.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar harga pakan jagung tidak terus berfluktuasi seperti sekarang. Diketahui, harga normal jagung pakan sebesar Rp4.500 per kg, tapi kini harganya melambung hingga Rp6.000 per kg.

Nantinya, kata Syahrul, daerah yang memiliki produksi jagung berlebih akan didekatkan dengan sentra kegiatan peternak. Hal ini demi mengurangi ongkos peternak.

“Distribusi dan pendekatan ini harus kami strategikan sesuai perintah Pak Presiden tadi,” kata Syahrul.

Sebelumnya, Ketua Pinsar Petelur Nasional (PPN) Yudianto Yosgiarso mengatakan Jokowi telah menginstruksikan anak buahnya untuk memberikan harga jagung pakan Rp4.500 per kg kepada peternak. cnn/mb06

Baca juga :  Pedagang Pesimis PeduliLindungi di Pasar Tradisional