loader image

Tapin Optimis 200 Ribu Penduduk Tercapai Diakhir Tahun 2022

SEKRETARIS DPRD TAPIN H MAHYUDIN MSI

RANTAU,- “Untuk menambah jumlah kursi di DPRD Tapin dan menambah dana alokasi umum, Tapin optimis target 201 jumlah penduduk tercapai diakhir tahun 2022,” hal itu diungkapkan Sekretaris DPRD Tapin H Mahyudin MSi, kepada awak media kemaren.

Seperti yang diungkapkan H Mahyudin, saat ini kabupaten Tapin mempunyai jumlah penduduk sekitar 185.000 jiwa, sehingga ada kekurangan jumlah penduduk untuk mencapai angka 200.000 jiwa.

Dengan jumlah penduduk mencapai 201 jiwa pada akhir Desember tahun 2022 nanti, maka sesuai kebijakan yang ada kita dapat menambah jumlah kursi untuk anggota DPRD Tapin dari 25 kursi menjadi 30 kursi anggota dewan.

“Untuk mencapai jumlah penduduk itu tentu perlu tim pendata untuk mendata jumlah penduduk di yang ada di Kabupaten Tapin,” paparnya.

Baik dari ASN, pendatang yang bekerja di Tapin semua harus di data kembali, karena itu kita bersama tim yang terdiri dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Disdukcapil, Disnaker dan Dinas Pendidikan sedang berupaya mendata.

Sementara itu dari data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin yang dihimpun diketahui jumlah penduduk pada semester 2 tahun 2020 sebanyak 189.229 dan akan mengalami peningkatan pada data terbaru jumlah penduduk semester 1 tahun 2021 yang akan dikeluarkan pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Ditambahkan H Mahyudin, intinya saat ini kabupaten Tapin sedang melaksanakan akselerasi pendataan penduduk yang belum tercatat pada Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil.

Baca juga :  DPRD Balangan Pelajari Penggratisan Pembayaran PDAM selama Pandemi Covid - 19 di Kabupaten Kapuas

Karena itu diperlukan tim yang solit dan kompak, untuk mendata jumlah penduduk yang terdiri dari tim lintas SOPD dan lintas instansi termasuk BPS didalamnya serta DPMD yang dapat menggerakkan pemerintahan desa untuk ikut mendata.

“Mana – mana warga yang belum direkam harus segera di data sebagai warga Tapin,” tandasnya.{[her/mb03]}