loader image

Berpacu Dengan Waktu

C:\Users\Yoyos\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\bal 1.jpeg
DILANTIK-Wakil Bupati Balangan H Supiani saat melantik 42 pejabat struktural di Pemkab Balangan.

PARINGIN-Wakil Bupati Balangan Supiani melantik pejabat struktural di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan, di antaranya dua pejabat eselon dua dan 40 pejabat eselon empat.

Wakil Bupati Balangan Supiani mengatakan, salah satu dampak dari regrouping SKPD yang telah diresmikan dua pekan yang lalu adalah adanya pengurangan jumlah jabatan ditingkat pengawas yang mencapai sekitar 80 jabatan. Di samping itu katanya, pihaknya jadi memiliki kelebihan jumlah aparatur, sedangkan di sisi lain beberapa jabatan mengalami perubahan tata nama beserta tugas pokok dan fungsinya.

Akan tetapi kelebihan jumlah aparatur bukan berarti kita mudah mendapatkan orang yang tepat, untuk mengisi jabatan yang ada, kita harus berusaha sebaik mungkin menerapkan prinsip profesionalisme dalam penempatan jabatan. “Prinsip ini kita perlukan guna mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan efektif,” kata Supiani di Paringin.

Selain itu ujarnya, pihaknya juga berpacu dengan waktu, hal demikian menempatkannya pada situasi dimana pihaknya harus segera melaksanakan apa yang sudah bisa dilaksanakan sembari menyiapkan langkah-langkah penting lainnya.

Diketahui, untuk eselon dua, yaitu Akhmad Fauzi yang dipercaya mengisi posisi Kepala Dinas Kominfo yang sebelumnya kosong karena pejabat lama pensiun. Sedangkan posisi Fauzi sebelumnya, yaitu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM diisi oleh Mahyudi.

Situasi itu pula lanjutnya, yang membuat pihaknya kembali melaksanakan pelantikan pada hari ini. Karena masih ada beberapa posisi yang belum diselesaikan pengisiannya pada pelantikan dua pekan yang lalu.

Baca juga :  Hingga Awal Agustus Terdata 121 Warga Terkonfirmasi Positif

Kalian telah dipercaya untuk mengisi jabatan dan mengemban tanggung jawab yang menyertai jabatan tersebut, kalian harus secepatnya beradaptasi dengan posisi baru. Segera pelajari tugas-tugas kalian sesuai jabatan yang baru serta bergegas melaksanakan kegiatan yang belum terlaksana tahun ini, pesannya.

Dia melanjutkan, jabatan yang dibebankan kepada mereka yang telah dilantik merupakan sebagai sarana untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik sesuai kapasitasnya masing-masing, serta memberi kontribusi positif yang lebih nyata bagi Kabupaten Balangan.

Maka dari itu sebutnya, jangan pernah berpikir bahwa jabatan adalah sesuatu untuk dinikmati. Jabatan adalah sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan dengan segenap kemampuan yang didukung dengan pengalaman untuk meningkatkan kualitas peran positif dalam mewujudkan visi yang telah ditetapkan oleh pimpinan.

Dan juga tidak ketinggalan evaluasi tetap kita laksanakan secara terus menerus, baik secara berjenjang maupun secara langsung. Karena kedisiplinan dan ketaatan pada aturan itu tidak untuk ditawar-tawar, dan kita semua sudah mengetahui hal ini, sebut Supiani.{[an/mb03]}