loader image

Banjarmasin Sudah PPKM Level III

BANJARMASIN – Perjuangan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin untuk menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akhirnya membuahkan hasil.

Kadinkes Machli Riyadi menyatakan, Banjarmasin kini tidak lagi menyandang PPKM Level IV, tapi sudah turun ke Level III.

Hal itu disampaikan Machli, setelah mengunjungi Kementerian Kesehatan RI untuk koordinasi dan harmonisasi data penetapan level PPKM di Kota Banjarmasin.

“Saat ini kami berada di lantai 10 di ruang pusat informasi dan data Kemenkes RI. Kami baru saja usai mengikuti rapat koordinasi dan harmonisasi data penetapan level PPKM,” ujarnya dalam rilis video di Jakarta, Selasa (14/9).

Machli ditemani Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali ke Kemenkes tersebut menyampaikan, bahwa Kota Banjarmasin dinyatakan Kemenkes RI sudah selesai status PPKM Level IV.

“Alhamdulillah, hari ini ada kesepahaman, bahwa Kota Banjarmasin terhitung sejak tanggal 12 September 2021 sudah berada di PPKM Level III,” ujarnya.

Menurut dia, dari hasil pertemuan itu pula, pemerintah kota akan melakukan upaya-upaya penguatan terhadap pelacakan penularan Covid-19.

“Kita juga akan memperbaiki sistem input data dan evaluasi seluruh orang-orang yang dirawat di rumah sakit, sehingga betul-betul valid,” tuturnya.

Machli menyampaikan, berdasarkan data mingguan dan harian penularan Covid-19 di Kota Banjarmasin memang sudah menurun tajam, hingga patut sudah berada di PPKM Level III.

Sebab, ujar dia, Kota Banjarmasin sudah ditetapkan harus menerapkan PPKM Level IV sejak 26 Juli hingga 12 September 2021 berakhir. Di mana upaya untuk mengurangi aktivitas masyarakat untuk berkerumun dan menerapkan protokol kesehatan cukup berhasil mengurangi angka penularan Covid-19.

Baca juga :  Pemko Recofusing Anggarkan Rp 34 M

“Meski PPKM Level IV sudah berakhir, jangan sampai kita terlena, harus makin ketat disiplin protokol kesehatan, agar jangan sampai lagi penularan tinggi,” ucapnya.

Dia juga terus mengimbau kepada masyarakat agar aktif untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, sehingga makin besar tercipta kekebalan kelompok dari serangan virus ini.

“Ayo kita bersama terus menjaga kesehatan,” ajaknya. ant