loader image

Ranperda Perubahan APBD TA 2021 Disetujui Seluruh Fraksi

PARIPURNA-Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM saat menghadiri rapat paripurna DPRD dengan acara penyampaian pendapat akhir terhadap Ranperda Perubahan APBD TA 2021.

RANTAU,- Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Tapin TA 2021 disetujui oleh seluruh fraksi – fraksi di DPRD Tapin untuk dijadikan peraturan daerah.

Hal itu tergambar dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Tapin dengan acara penyampaian pendapat akhir fraksi – fraksi terhadap Ranperda APBD perubahan TA 2021, kemarin.

Sebanyak 5 fraksi yang terdiri dari fraksi Golkar, fraksi PDIP, fraksi PKB, fraksi Gamkesira dan fraksi Demokrat – Nasdem dengan masing – masing juru bicaranya menyatakan dapat menyetujui Ranperda APBD perubahan TA 2021 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Tapin.

Dalam sambutannya Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM menyampaikan, apresiasi dan terima kasih atas petunjuk kepada seluruh anggota DPRD Tapin dan fraksi – fraksi yang telah menyampaikan pendapat akhirnya tentang APBD perubahan Kab.Tapin tahun anggaran 2021.

Dikatakan Bupati, karena dalam menindaklanjuti setiap pekerjaan itu kita dituntt harus cepat, kita berharap dalam menyusun anggaran diharapkan selalu berdasarkan pada input, output dan outcome yang telah ditetapkan oleh Kemendagri, Kemenpan RB dan Menteri Keuangan RI.

Jika rencana itu tidak bermanfaat bagi masyarakat, lebih baik pekerjaan itu kita tunda. Dan kita ingin pada tahun 2022 atau pertengahan tahun 2023 semua pekerjaan yang menyangkut kebijakan kita sebaga Bupati Tapin telah selesai dilaksanakan.

Bagaimanapun yang menjadi harapan kita bersama, kita ingin Tapin lebih maju dan berkembang dan prekonomian kita bisa lebih baik dan masyarakat bisa menggerakkan ekonomi mereka dengan lebih lancar.

Baca juga :  KUPA dan PPAS APBD Perubahan Ditandatangani

Sementara itu dalam laporan badan anggaran yang disampaikan oleh H Ihwanudi Husin mengatakan, dasar pelaksanaan penyampaian rancangan perubahan APBD Kabupaten Tapin TA 2021, pertama sebelumnga telah dilaksanakan pembahasan perubahan APBD yang diagendakan dalam jadwal kegiatan DPRD kabupaten Tapin pada bulan September 2021 dan telah diputuskan dalam rapat musyawarah tanggal 6 dan 7 September 2021.

Serta berdasarkan peraturan DPR RI Nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib, Badan Anggaran telah mendelegasikan kepada komisi – komisi untuk melakukan sinkronisasi antara Kupa PPAS perubahan dalam rancangan Perda tentang perubahan APBD.

Sinkronisasi tersebut dilaksanakan antara komisi – komisi yang ada di DPRD yakni komisi 1, 2 dan 3 dan masing – masing telah telah dilaksanakan pembahasan pada Senin 6 September 2021.

Hasil pembahasan sendiri telah disampaikan sampai kepada badan anggaran dan badan anggaran membalas dengan tim anggaran pemerintah daerah telah merangkum seluruh hasil pembahasan rancangan Perda tentang perubahan APBD dalam rapat finalisasi.

Segala masukan dan saran dalam rapag pembahasan telah dimasukkan dalam persetujuan bersama antara badan anggaran dan tim anggaran yang kemudian kesepakatan tersebut, dituangkan dalam nota kesepakatan terhadap perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 untuk disampaikan dalam rapat paripurna, papar H Ihwanudin Husin.

Rapat paripurna DPRD kabupaten Tapin dihadiri Ketua DPRD Tapin H Yamani, Wakil Ketua 1 DPRD Tapin H Midfay Syahbani, Wakil Ketua 2 DPRD Tapin H Muchtar, anggota DPRD kabupaten Tapin, Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin H Masyraniansyah serta para asisten dan para pejabat di lingkungan Pemkab Tapin.

Baca juga :  Pembangunan di Kecamatan Jadi Prioritas

Serta berhadir Sekretaris dewan yang diwakili oleh Kabag Fasilitasi, pimpinan fraksi dan seluruh jajaran karyawan DPRD Tapin perwakilan Camat serta para wartawan media elektronik dan media cetak.

Sementara itu masing – masing fraksi menugaskan juru bicaranya, fraksi Golkar dibacakan oleh H Dedi Arif Budiman, fraksi Gamkesira menunjuk Hj Henny Yulianti sebagai juru bicara, Robbi Apriyandi fraksi Demokrat – Nasdem, Wahyu Nugroho Ranoro dari fraksi PDIP dan fraksi PKB disampaikan oleh Hj Herny Mustika.{[her/mb03]}