Dewan Kembali Usulkan Tiga Mobdin Baru Pimpinan, Bang Dhin Minta Ditunda

USULAN pengadaan mobdin baru untuk tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel itu disampaikan dalam rapat Banggar DPRD Kalsel bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan kembali mengusulkan pengadaan mobil dinas (Mobdin) baru untuk tiga unsur pimpinan dewan pada perubahan anggaran di tahun 2021.

Dengan pagu anggaran yang lebih kecil, yakni sebesar Rp3.250.000.000 untuk tiga unit mobdin baru tersebut.Meski sebelumnya ditunda proyek pengadaan mobil dinas (mobdin) jenis SUV merek Lexus tipe RX 300 Sport senilai Rp5,4 miliar yang diperuntukan bagi tiga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan.

Usulan pengadaan mobdin baru untuk tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel itu disampaikan dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Hal tersebut disampaikan anggota Banggar DPRD Kalsel H Suripno Sumas mengatakan usulan pengadaan mobdin baru Wakil Ketua DPRD Kalsel itu karena di anggaran murni 2021 memang tidak ada dianggarkan untuk pengadaan mobdin baru tersebut untuk wakil pimpinan dewan sebanyak tiga unit.

Alasan pengadaan mobdin baru itu dengan argumentasi kemarin paska tertundanya pengadaan mobdin jenis Lexus maka dijadikan uang transportasi bagi wakil ketua dewan.

“Kenyataannya hanya beberapa bulan saja bisa diuangkan uang transportasi itu,” ujar Suripno disela rapat anggaran setelah dibuka Ketua DPRD Kalsel H Supian HK didampingi Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar beserta jajaran, di Banjarmasin, Senin (23/8) siang.

Baca juga :  Jelang Lebaran, Pemko Gelar Vaksinasi Massal

Selanjutnya uang transportasi itu malah tidak bisa dibayarkan lagi, imbuhnya karena tidak ada landasan atau payung hukumnya, baik dari Kemendagri maupun BPK RI, sehingga sekretariat dewan tidak berani mencairkan hingga lebih lima bulan tidak dibayar uang transportasi itu kepada tiga wakil ketua dewan.

“Karena itu saya mengusulkan pengadaan mobdin baru tersebut,” tegas Suripno.

Usulan itu, lanjutnya terlepas dari dibayarkan atau tidak dibayarkannya uang tranaportasi itu, maka wajib dibelikan mobdin tersebut, sehingga masalah uang transportasi itu bisa teratasi dengan pembelian mobdin tersebut.

Sementara, Wakil ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin mengatakan sejak Oktober 2020 lalu, ia sudah tidak menggunakan mobil dinas.Terkait pengadaan tiga unit mobil dinas yang diusulkan banggar dan sudah disetujui oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dari Pemprov Kalsel dalam rapat harapnya agar lebih baik ditunda.

“Momennya belum pas, entah karena kurang mujur atau memang keberuntungan sedang tidak berpihak,”ujar M Syaripuddin yang biasa disapa Bang Dhin ini.

Pada masa pandemi ini sebutnya pemeblian mobil dinas harus dipertimbangkan kembali. Terlebih mengingat kondisi masyarakat yang juga sedang terpuruk ekonominya.

“ Mohonj dipertimbangkan, kondisinya saat ini sedang tidak memungkinkan dan ini akan menjadi polemik bagi kita semua di DPRD dan Pemprov Kalsel, tapi kalau sekwan atau pemprov kalsel tetap mau mengadakan, silahkan tidak apa-apa, tanggung jawab sendiri,”jelasnya.

Baca juga :  Terapkan Fitur FR Cegah Perjokian, SKD CPNS Pemprov Berlangsung Ketat

Ia sendiri ujarnya juga sudah mengembalikan uang transportasi pengganti mobil dinas yang diberikan kepadanya karean tidak ada landasan hukum.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan jika memang Wakil Ketua DPRD Kalsel M syaripuddin tidak berkenan untuk pengadaan mobil dinas baru, maka pihaknya akan mempertimbangkan kembali usulan tersebut.

“ Sebenarnya anggarannya sudah kita siapkan tapi jika Wakil ketua tidak menginginkan karena situasi pandemi saat ini maka itu bisa kita tunda,kita apresiasi itu” ujarnya.

Pewarta : Rudi Setiawan


Notice: Undefined index: month_view in /home/matabanu/public_html/wp-content/plugins/xt-visitor-counter/xt-visitor-counter-widgets.php on line 65

Notice: Undefined index: year_view in /home/matabanu/public_html/wp-content/plugins/xt-visitor-counter/xt-visitor-counter-widgets.php on line 66

Notice: Undefined index: total_view in /home/matabanu/public_html/wp-content/plugins/xt-visitor-counter/xt-visitor-counter-widgets.php on line 67

Notice: Undefined index: totalviews_view in /home/matabanu/public_html/wp-content/plugins/xt-visitor-counter/xt-visitor-counter-widgets.php on line 69