loader image

Insha Allah Gubernur Dilantik Jumat

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Agustus\19 Agustus 2021\1-11\paman birin.jpg
H Sahbirin Noor dan H Muhidin

BANJARMASIN – Setelah menunggu cukup lama, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan terpilih H Sahbirin Noor dan H Muhidin diperkirakan digelar Jumat (20/8).

Pelaksanaan pelantikan akan digelar di Istana Negara Republik Indonesia dengan jumlah tamu yang diundang dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terpilih hanya 10 orang.

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan, pelantikan menyesuaikan jadwal kerja dan aturan presiden. “Yang jelas tanggal pastinya tergantung Presiden, tapi perhitungan sesuai jadwal aturan, insha Allah dilantik hari Jumat (20/8),” ujar H Supian HK ditemui di DPRD Kalsel, Banjarmadin, Rabu (18/8).

Pada awalnya, jelas Supian pelantikan dijadwalkan 12 Agustus. Namun, karena jadwal presiden yang padat, agenda pelantikan dijadwalkan 16 Agustus. Kemudian pada tanggal itu ada ralat, karena presiden menghadiri sidang DPR RI dengan agenda pertanggungjawaban tahunan, tanggal 17 Agustus bertepatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

“Hari ini kita juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait, terkait pelantikan Gubernur Kalsel,” jelasnya.

Supian HK menjelaskan, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar yang akan menghadiri pelantikan gubernur, sudah dipanggil ke Jakarta. Rencananya, ia juga akan ke Jakarta Kamis sore atau pagi Jumat.

“Hari ini ada jawaban, harinya kapan disesuaikan jadwal Presiden,” tambahnya.

Dalam pelantikan yang digelar di Istana Jakarta, hanya sepuluh orang yang diundang. Yakni gubernur dan wakil gubernur beserta istri, Ketua DPRD Kalsel, Kapolda, Danrem, dan Sekdaprov Kalsel.

Baca juga :  Ramai-ramai Bantu Warga Isoman

Pewarta : Rudi Setiawan