loader image

Pemko Recofusing Anggarkan Rp 34 M

BANJARMASIN – Pemko Banjarmasin menganggarkan sebesar Rp 34 miliar untuk penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Dana itu dimasukkan melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Banjarmasin.

“Hampir Rp 34 miliar kalau tidak salah. Seluruh SKPD akan dilakukan recofusing anggaran, untuk memenuhi penerapan PPKM Level IV itu,” jelas Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Minggu (25/7).

Anggaran tersebut, lanjut Ibnu, digunakan untuk memenuhi kebutuhan penanganan Covid-19 selama PPKM darurat di semester kedua tahun 2021.

“Kebutuhan-kebutuhan kita kemarin sudah direkapitulasi dan mudah-mudahan sesegeranya dilakukan penyesuaian dan pergeseran anggaran di APBD kita,” katanya.

Ibnu menjelaskan, anggaran dana tersebut akan diserahkan kepada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemko yang berperan penting dalam pelaksanaan PPKM.

“Yang paling besar pastinya tiga SKPD yakni Dinkes, Dinas Sosial, dan BPBD (Badan Penangulangan Bencana Daerah). Kemudian, Satpol PP untuk operasi yustisi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, menuturkan, khusus di sektor kesehatan telah diusulkan dari anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp 3,7 miliar.

“Dana itu untuk persiapan penambahan ruangan, tempat tidur, dan termasuk insentif tenaga kesehatan yang kita prioritaskan, serta gaji bagi tenaga para relawan,” bebernya.

Kemudian, imbuhnya, untuk kebutuhan lainnya seperti pembelian Alat Perlindungan Badan (APB), alat PCR dan alat penunjang lainnya. via

Baca juga :  BPBD Siapkan Early Warning System