loader image

Zona Merah Terbanyak Sepanjang Pandemi

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\23 Juli 2021\1-11\zona.jpg

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, jumlah kabupaten kota dengan zona risiko tinggi, saat ini menjadi yang terbanyak sepanjang pandemi terjadi di Indonesia, yakni mencapai 180 kabupaten dan kota.

Zona merah ini didominasi oleh daerah dari Provinsi Jawa Timur yakni sebanyak 33 kabupaten kota, Jawa Tengah sebanyak 29 kabupaten kota, dan Jawa Barat sebanyak 21 kabupaten kota.

“Zonasi risiko tingkat kabupaten kota saat ini menunjukkan perkembangan ke arah yang kurang baik. Saat ini kabupaten kota dengan zona risiko tinggi menjadi yang terbanyak sepanjang pandemi,” kata Wiku dalam paparannya saat konferensi pers seperti dikutip republika.co.id, Kamis (22/7).

Dari laporan Satgas Covid-19, sebanyak 281 kabupaten kota lainnya tercatat masuk dalam zona risiko sedang atau zona oranye, 51 kabupaten kota masuk zona kuning, dan dua kabupaten kota masuk zona hijau.

Wiku juga menyebut kasus positif secara nasional dalam sepekan terakhir ini, tercatat mengalami penurunan. Pada 15 Juli, kasus positif sebanyak 56.757 orang dan kemudian mengalami penurunan sebesar 40 persen pada 21 Juli yang sebanyak 33.772.

Untuk kasus kesembuhan, Satgas mencatat terjadinya peningkatan yang signifikan dalam tujuh hari terakhir ini yakni mencapai lebih dari 70 persen. Sedangkan untuk kasus aktif terlihat mulai mengalami penurunan selama tiga hari terakhir ini.

“Persentase BOR harian di tingkat nasional juga konsisten mengalami penurunan selama 7 hari terakhir dari 76,26 persen menjadi 72,82 persen,” tambah Wiku. web