loader image

Wali Kota Buka Rakerda PKK

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\23 Juli 2021\4\buka.jpeg
BUKA RAKERDA – Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin memberikan sambutan saat membuka Rakerda IX TP PKK Kota Banjarbaru Tahun 2021.

BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin SH MH membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru Tahun 2021.

Rakerda IX TP PKK Kota Banjarbaru Tahun 2021 dengan tema Kemitraan dan Sinergitas Menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera di Aula Gawi Sabarataan Balai Kota Banjarbaru, dipimpin Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin, Kamis (22/7).

Rakerda ini turut dihadiri Ketua Persit 1006/Banjar, Ketua Bhayangkari Polres Banjarbaru, Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga PKK Kota Banjarbaru, serta undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa gerakan PKK adalah gerakan untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

“Gerakan yang dimotori oleh kaum perempuan ini juga terbukti selalu mendukung secara nyata terhadap akselerasi pembangunan melalui 10 Program Pokok PKK,” kata Vivi Mar’i Zubedi.

Menurutnya, TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah, tentunya memiliki peran penting dalam mendukung berbagai program pembangunan, terutama pembangunan keluarga. Dan, berbagai kegiatan di seluruh bidang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK. “Terus menghidupkan layanan posyandu, khususnya layanan bagi ibu bayi dan balita, pemberian makan tambahan bergizi, terutama dalam mengatasi stunting, serta membantu layanan ibu melahirkan dan akan melahirkan,” ujarnya.

Diharapkan kader-kader PKK di kelurahan dapat mengembangkan diri, serta secara berjenjang mampu melakukan pembinaan sendiri kepada kadernya, agar dapat menyesuaikan sumberdaya sesuai dengan tuntutan dinamika yang berkembang.

Melalui Rakerda TP PKK Kota Banjarbaru ini, Vivi Mar’i Zubedi mengharapkan, bisa bersama-sama dapat terus meningkatkan koordinasi dan sinergi yang selama ini telah terjalin dengan baik, mengingat program PKK yang dilaksanakan, baik berupa kebijakan umum maupun kebijakan teknis, pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dengan tugas dan tanggung jawab pemerintah melalui satuan kerja perangkat daerahnya.

“Semoga kita bersama-sama dapat selalu bergandengan tangan, saling bahu-membahu untuk mewujudkan Masyarakat Kota Banjarbaru yang Maju, Agamis dan Sejahtera,” ucap Vivi Mar’i Zubedi.

Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin menyambut baik dilaksanakannya Rakerda TP PKK Kota Banjarbaru pada hari ini (kemarin).

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\23 Juli 2021\4\sambutan.jpeg
SAMBUTAN – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin memberikan sambutan saat Pembukaan Rakerda IX TP PKK Kota Banjarbaru Tahun 2021.

HM Aditya Mufti Ariffin berharap, semua peserta rapat dapat berperan aktif sehingga program kerja yang dihasilkan tidak hanya realistis melainkan juga mudah untuk dilaksanakan.

Gerakan PKK sebagai gerakan dari bawah dan bermanfaat bagi masyarakat terutama di daerah pedesaan. Melalui penerapan 10 program pokok tersebut, diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga, yang merupakan kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari spiritual setiap anggota keluarga secara material, sosial, mental, dan sehingga dapat hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat.

Pengembangan sumber daya keluarga adalah rangkaian upaya pembangunan, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, yaitu terwujudnya keluarga yang maju, mandiri, sejahtera, hidup selaras, serasi serta seimbang dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Upaya pembangunan keluarga yang berkualitas tentunya dilakukan melalui pemberdayaan keluarga, sebagai wahana pengembangan sumber daya manusia, sebut Aditya Mufti Ariffin. Melalui pemberdayaan, maka keluarga diharapkan dapat berpartisipasi mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemiskinan, yaitu mulai dari identifikasi kebutuhan, proses perencanaan, perumusan dan pelaksanaan program, sampai kepada evaluasi program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan.

Untuk itu, dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan nasional, maka dibutuhkan banyak peranan dari berbagai stakeholders, dan salah satunya adalah keluarga, jelasnya. “Keluarga-keluarga mempunyai andil besar dalam membentuk sebuah keluarga Indonesia yang bermartabat,” kata Aditya Mufti Ariffin.

Karena itu, sangat penting apabila dapat mengoptimalkan peran salah satu gerakan di masyarakat yang berbasis keluarga, yakni melalui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sesuai dengan tema Rakerda TP PKK Kota Banjarbaru kali ini, yaitu Kemitraan dan Sinergitas Menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera, Aditya Mufti Ariffin berpesan, agar dapat menyusun program kerja yang sesuai dengan tema. Fokus mulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu keluarga, untuk mewujudkan masyarakat Kota Banjarbaru yang Maju, Agamis, dan Sejahtera.

Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin juga berharap kepada para pengurus TP PKK dan juga kader PKK, agar bisa memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi dengan banyak orang. dio

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\23 Juli 2021\4\bersama.jpeg
BERSAMA – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin bersama Pengurus TP PKK Kota Banjarbaru, Ketua Persit 1006/Banjar, Ketua Bhayangkari Polres Banjarbaru.

kot