loader image

Vaksinasi untuk Pelajar Segera Digelar

BANJARMASIN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin bakal menggelar program vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar sekolah. Khususnya, yang berusia 12 tahun ke atas.

Kendati demikian, program dari pemerintah ini belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, lantaran stok vaksin masih kosong.

Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, menjelaskan saat ini persediaan vaksin Covid-19 di ibukota Kalsel masih kosong. Pihaknya pun kini tengah mengajukan pasokan vaksin jenis Sinovac terhadap Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Jumlah yang kami usulkan itu sebanyak 25 ribu vial. Kami masih menunggu vaksinnya. Kalau sudah ada, vaksinasi akan dilakukan sesegeranya,” ucapnya, Rabu (21/7).

Machli mengatakan, program vaksinasi ini nantinya digelar di masing-masing sekolah. Dinkes Banjarmasin sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

“Pelaksanaan vaksinasi itu pun nantinya digelar di sekolah. Artinya, mereka tidak ikut bergerombol di tempat vaksinasi massal yang digelar atau mendaftar di puskesmas,” paparnya.

Di samping itu, vaksinasi terhadap pelajar diharapkan mendapat persetujuan dari para orangtua atau wali murid. Nantinya, setiap orangtua bakal dikirim form melalui guru atau pihak sekolah.

“Orangtua yang tidak setuju, kami edukasi dulu betapa pentingnya vaksinasi. Anak yang tidak bervaksin, tentu berisiko tinggi terpapar Covid-19,” tutupnya. jjr