loader image

Paket Kurban PDIP Gunakan Bakul Purun

D:\Data\Juli 2021\2307\5\hal 5\Sekretaris DPD PDIP Kalsel M Syaripuddin saat menyerahkan paket daging qurban.jpg
SEKRETARIS DPD PDIP Kalsel M Syaripuddin saat menyerahkan paket daging kurban yang dikemas dalam bakul purun kepada warga yang berhak menerimanya.

BANJARMASIN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalsel, mendukung anjuran Walikota Banjarmasin, dalam penyelenggaraan ibadah kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Mereka memaket daging kurban menggunakan bahan ramah lingkungan dan bernilai ekonomi kreatif, yakni bakul purun.

Seperti diketahui, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menganjurkan untuk tidak menggunakan kantong plastik sebagai kemasan daging kurban. Hal itu, juga sesuai instruksi Ketum Megawati Soekarnoputri untuk lebih mencintai alam.

“Sesuai instruksi Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri untuk lebih mencintai alam dan imbauan Walikota Ibnu Sina, maka sudah dua tahun ini kami membagikan daging kurban tidak menggunakan kantongan kresek plastik. Kami menggantinya dengan tas anyaman purun yang merupakan kearifan lokal Banjarmasin,” ujar Kepala Sekretariat DPD PDIP Kalsel Fazlur Rahman, di Banjarmasin, Kamis (22/7).

Sementara, Sekretaris DPD PDIP Kalsel M Syaripuddin mengatakan, menggunakan bakul purun juga diharapkan memiliki efek domino yang positif. Selain ramah lingkungan, juga membawa manfaat ekonomi bagi pengrajin bakul purun.

“Kami berharap ekonomi kerakyatan juga membaca peluang dari hal seperti ini. Sudah saatnya kita gotong-royong dalam memajukan kesejahteraan rakyat,” ujar M Syaripuddin yang biasa disapa Bang Dhin.

DPD PDI Perjuangan Kalsel sendiri melaksanakan penyembelihan 7 ekor sapi dan membagikan 1.000 paket kurban kepada masyarakat fakir miskin, serta warga di lingkungan kantor partai yang terletak di Jalan A Yani Km 5,7 Banjarmasin.

Semua sapi tersebut merupakan sumbangan dari kader partai, seperti Mardani H Maming (Ketua DPD PDIP Kalsel), M Syaripuddin (Sekretaris DPD PDIP Kalsel yang juga Wakil Ketua DPRD Kalsel), HM Rifqi Karsayuda (Anggota DPR RI), dr Sulaiman Umar (Anggota DPR RI).

Selanjutnya, H Supiansyah, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Syafruddin H Maming (Kepala BP Pemilu PDIP Kalsel) juga menyumbangkan masing-masing 1 ekor sapi. Selain itu, juga ada sumbangan 1 ekor sapi dari kumpulan anggota Fraksi PDIP DPRD Kalsel. rds