loader image

Kalsel Raih Anugerah KPAI Bukti Kepedulian Pemda

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\23 Juli 2021\6\1a.JPG
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA memperlihatkan piagam penghargaan yang diberikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2021

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan menerima Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Tahun 2021. Penghargaan itu diberikan negara untuk kedua kalinya bagi daerah berpenduduk sekitar 4,2 juta jiwa itu.

Anugerah KPAI 2021 yang diterima dengan kategori Pemerintah Provinsi yang memiliki komitmen dan sebagai bukti terhadap perlidungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan (SIMEP).

Penghargaan tersebut diterima Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA secara virtual di Command Center, Kantor Setdaprov Kalsel, di Banjarbaru, Kamis (22/7).

Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA mengucapkan syukur atas diraihnya Anugerah KPAI. “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kalimantan Selatan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penghargaan ini,” katanya.

Safrizal berharap dengan adanya penghargaan ini dapat memacu kiner Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Pemprov Kalsel konsisten memperkuat perlindungan anak melalui program serta selalu bersinergi dalam menghentikan kekerasan pada anak,” ujar Safrizal yang kini masih menjabat sebagai Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri itu.

Pria kelahiran Aceh ini menyebut angka kekerasan terhadap anak di Kalsel terus menurun di beberapa tahun terakhir. “Secara angka statistik kekerasan terhadap anak terus menurun ya, namun untuk membuat angkanya nol ini sedang kita lakukan, membuat seminimal mungkin,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Kalsel, Hj Husnul Hatimah mengatakan, Pemprov Kalsel menerima anugerah KPAI tahun 2021 untuk kedua kalinya.

Dari penghargaan tersebut bahwa Pemerintah provinsi telah berkomitmen melakukan usaha-usaha perlindungan terhadap anak dalam bentuk kebijakan-kebijakan, sosialisasi dan upaya pencegahan yang lain, memberikan penguatan kepada lembaga dan masyarakat dalam upaya perlindungan anak serta memberikan perlindungan khusus anak.

Anugerah KPAI tersebut diberikan dalam rangkaian hari anak nasional (HAN). Selain pemerintah provinsi, Anugerah KPAI 2021 juga diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota, kementerian/lembaga. syh/adpim/ani