loader image

Respon Cepat BUMN Diapresiasi

JAKARTA – Pengamat Komunikasi Korporasi, Fatimah Ibtisam, mengapresiasi langkah BUMN yang tanggap dalam penanganan pandemi Covid-19. Sejak awal pandemi terjadi, BUMN menjadi salah satu motor utama pemerintah memberikan bantuan ke masyarakat.

Tisam mencatat, langkah tanggap BUMN itu terlihat sejak awal pandemi menghantam Wuhan. Saat itu, sejumlah BUMN memberikan bantuan ke luar negeri pada WNI yang terdampak.

“Saya mencatat sejak Februari 2020, BUMN sudah bergerak mengirimkan bantuan, khususnya pada WNI yang terdampak,” ujar Tisam, Rabu (21/7).

Saat pandemi melanda Indonesia pun, lanjut Tisam, Kementerian BUMN dengan cepat mengkoordinasikan sejumlah langkah, untuk mengantisipasi dampak dari sisi kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Salah satunya, cepat membuka rumah sakit darurat, seperti di Wisma Atlet.

Sejumlah hotel milik BUMN juga dialihfungsikan sebagai rumah sakit tambahan atau tempat istirahat khusus tenaga kesehatan. Ia menilai, Kementerian BUMN cepat untuk menjalin kerjasama dengan pihak di luar negeri.

Mulai dari kerjasama mendatangkan mesin untuk memproses uji PCR dari Korsel, APD untuk tenaga kesehatan, hingga mengamankan bahan baku vaksin.

“Saya kira, langkah yang dilakukan tersebut merupakan langkah proaktif sekaligus reaktif. Proaktif sejak sebelum pandemi melanda, dan reaktif saat pandemi masuk ke Indonesia,” katanya.

Salah satu bentuk langkah reaktif yang dilakukan BUMN, yaitu dengan memberi sejumlah subsidi terkait kebutuhan dasar rakyat, seperti listrik. Subsidi juga dilakukan sejumlah bank Himbara, untuk membantu usaha dalam negeri yang terdampak akibat pandemi.

Langkah tanggap BUMN pun terlihat saat gelombang pandemi kedua menghantam pada Juni-Juli 2021. Di antaranya, cepat dalam mengalihfungsikan oksigen dari untuk kebutuhan produksi perusahaan menjadi konsumsi masyarakat.

Dalam kesempatan terpisah, pengamat politik dari Voxpol Research, Pangi Syarwi Chaniago menilai, langkah pemerintah terkait penanganan Covid-19 sudah pada trek yang tepat.

Dari hasil penelitiannya, masyarakat memberi apresiasi atas kinerja sejumlah kementerian, seperti Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian BUMN dalam menangani pandemi. web