loader image

Kapolres Pantau Ketersediaan Oksigen

D:\Data\Juli 2021\2207\2\2\asli\Kapolres Pantau Ketersediaan Gas Oksigen.jpg
Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori saat memantau kesediaan gas oksigen.

TANJUNG – Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori melalui Kasubbag Humas Polres Tabalong Iptu Mujiono, mengimbau kepada PT Samator selaku distributor gas oksigen di Tabalong, untuk selektif dalam melayani pembeli. Pasalnya, pada bulan Juli ini permintaan konsumen terhadap gas oksigen di Kabupaten setempat meningkat.

“Prioritaskan kebutuhan medis, perhatikan pasokan maupun stok ketersediaan tabung oksigen, agar kebutuhan gas oksigen di Tabalong tetap tercukupi, khususnya untuk penanganan pasien Covid-19,” ujarnya saat melakukan pemantauan ketersediaan gas oksigen di Kabupaten Tabalong, Senin (19/7).

Ia mengungkapkan, hingga saat ini ketersediaan gas oksigen di Tabalong masih aman dan tidak mengalami kelangkaan. “Hindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penimbunan tabung oksigen. Jadi bila ada pembelian gas oksigen dari agen dan perorangan, harus lebih selektif,” ujarnya.

Mujiono mengatakan, apabila pihak Samator mengalami kendala atau hambatan di lapangan untuk mencukupi tabung oksigen, supaya segera mengomunikasikan dengan pihak terkait.

“Komunikasikan kendala di lapangan, agar kita dapat segera mencari solusi terbaik untuk masyarakat Tabalong,” ucapnya.

Ia membeberkan, dari PT Samator saat ini sudah mengeluarkan surat pemberitahuan pada Senin (12/7), yang berisi tentang dihentikannya sementara pemenuhan kebutuhan industri untuk gas oksigen. Karena pihaknya fokus untuk memenuhi kebutuhan medis hingga kondisi normal kembali.

Jika ada agen yang ingin mengisikan tabung oksigen ke PT Samator, maka agen itu harus membawa surat dari rumah sakit, klinik, atau puskesmas, yang dilayani oleh agen tersebut. Serta, apabila melayani pasien perorangan atau isolasi mandiri, juga harus memberikan surat keterangan sakit dari dokter.

Kemudian, untuk harga tabung oksigen di Kabupaten Tabalong pun masih stabil tidak ada mengalami kenaikan harga. Harga per tabung ukuran 6 meter kubik seharga Rp 120 ribu sekali pengisian.

Jika nantinya, bahan mentah pasokan dari Kaltim mengalami kekurangan, maka stok tabung oksigen di Tabalong tetap dipenuhi dengan didatangkan dari daerah Sulawesi. Ini, dimungkinkan akan mengalami kenaikan harga tabung oksigen.

Mujiono juga menyampaikan, Kapolres Tabalong tidak menginginkan adanya oknum nakal yang menimbun dan memainkan harga gas oksigen. Jika didapati ada oknum yang bermain dalam penjualan gas oksigen, maka pihaknya tak segan-segan menindak tegas. rls

,