loader image

Divisi Keimigrasian Bahas Pembentukan UKK

D:\Data\Juli 2021\2207\5\hal 5\Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.jpg
KEPALA Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenhum dan HAM Kalsel Teodorus Simarmata didampingi Kepala Kanim Kelas I TPI Banjarmasin

BANJARMASIN – Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Teodorus Simarmata didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Sahat Pasaribu, menemui Walikota H Ibnu Sina untuk menjajaki rencana pembentukan Unit Kerja Keimigrasian (UKK).

Teodorus Simarmata menyampaikan, pihaknya memohon dukungan dan sinergitas dari Pemerintah Kota Banjarmasin dalam pembentukan UKK di Kota Banjarmasin guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin berada di Jalan A Yani Kilometer 22. Secara jarak, ini cukup jauh bagi masyarakat Kota Banjarmasin yang hendak berurusan di sana. Karenanya, kami berencana untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal layanan keimigrasian dengan menghadirkan UKK sebagai salah satu alternatif,” ujarnya, Rabu (21/7).

Menanggapi hal tersebut, Ibnu Sina pun menyambut positif. Ia pada prinsipnya menerima dan mendukung usulan yang disampaikan untuk membuka Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Kota Banjarmasin.

“Pada prinsipnya kita mendukung pembukaan UKK di Kota Banjarmasin. Terlebih hal tersebut untuk memberikan peningkatan layanan bagi masyarakat. Hal ini akan bersama-sama kita tindaklanjuti ke depannya,” ujar Ibnu Sina.

Menurutnya, Imigrasi sebagai pintu gerbang keluar dan masuknya orang dari suatu negara ke negara lainnya, mempunyai tugas dan peranan yang sangat penting dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kehadiran Unit Kerja Keimigrasian (UKK) dalam mendukung Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel beserta Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin sangat penting. Terutama, terkait fungsinya sebagai pengatur lalu lintas keimigrasian, status keimigrasian, pengawasan dan penindakan orang asing, serta sebagai sarana dan komunikasi di bidang keimigrasian.

Kegiatan silaturahmi dengan Walikota Banjarmasin ini juga dihadiri pejabat di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin yaitu Irpan Sapari Somantri, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Hermansyah, Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, Heri Sudiono Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, dan Prabowo Putra Moerdiyantoko, Kepala Sub-Seksi Intelijen Keimigrasian. rls/rds