loader image

Bupati Banjar Resmikan Pojok Kreasi

D:\Data\Juli 2021\2207\5\hal 5\KREASI - Bupati Banjar H Saidi Mansyur memperhatikan motif sasirangan.jpg
KREASI – Bupati Banjar H Saidi Mansyur memperhatikan motif sasirangan dan tikar purun yang dipajang di Pojok Kreasi Dispersip Kabupaten Banjar.

MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Masyur meresmikan Pojok Kreasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kabupaten Banjar.

Peresmian Pojok Kreasi yang ditandai dengan pembukaan tirai oleh Bupati Banjar, Senin (19/7), dihadiri Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj Yasna Khairina.

Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kabupaten Banjar Hj Noor Aida mengatakan, persiapan pembuatan Pojok Kreasi hanya satu minggu, dengan memajang berbagai kreasi motif sasirangan dan tikar purun.

“Untuk proses persiapannya ini kurang lebih satu minggu, tujuannya karena perpustakaan kita ini berbasis inklusi sosial, salah satunya kemarin kita ada pelatihan membuat sasirangan, dan hasilnya bisa kita pamerkan di Pojok Kreasi. Tikar purun ini juga sebagai budaya lokal daerah,” ujarnya.

Motif sasirangan yang dipajang antara lain motif Intan Banjar, Kambang Tampuk Manggis, Kangkung Kaombakan, Daun Katu, Naga Balimbur. Sedangkan motif tikar purun yaitu motif Cengkeh, Ramak Sahang, dan Mata Gergaji. ril/dio